Puncak Arus Mudik Tol Palikanci Diprediksi H-3

Red: Yudha Manggala P Putra

Rabu 29 May 2019 11:26 WIB

Sejumlah kendaraan saat melintasi Gerbang Tol Palimanan, Cirebon, Jawa Barat. Ilustrasi Foto: Republika/Putra M. Akbar Sejumlah kendaraan saat melintasi Gerbang Tol Palimanan, Cirebon, Jawa Barat. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Puncak arus mudik yang melintasi ruas Tol Palimanan-Kanci (Palikanci) melalui Gerbang Tol Palimanan Utama diprediksi terjadi pada H-3 Lebaran 2019. Diperkirakan 80.912 kendaraan yang melintas.

Berdasarkan data PT Jasa Marga Cabang Palikanci yang disiarkan Rabu (29/5) pagi, jumlah itu naik 12 persen dari puncak arus mudik tahun lalu, yang terjadi pada H-2 dengan 72.243 kendaraan.

Untuk puncak arus balik yang melintasi Palikanci diprediksi terjadi pada H+3 dengan 94.510 kendaraan atau naik 12 persen dibanding tahun lalu: 84.384 kendaraan. Puncak arus balik tahun lalu juga terjadi pada H+3.

Deputi General Manager PT Jasa Marga Cabang Palikanci Zakaria berharap pemudik berkendara yang melintasi ruas Tol Palikanci mempersiapkan diri lebih baik menyangkut kondisi fisik maupun kendaraan.

Salah satu hal penting adalah mempersiapkan kartu transaksi nontunai di setiap pintu tol dengan jumlah saldo lebih dari cukup. Masalah pada transaksi nontunai akan mengganggu kelancaran arus kendaraan di pintu tol.

Pihaknya juga telah mempersiapkan sarana dan sumber daya manusia apabila akan dilakukan arus satu arah pada arus mudik dan arus balik.

Dengan berbagai persiapan dan koordinasi antarinstansi yang telah dilakukan, diharapkan penanganan arus mudik maupun balik Lebaran tahun ini lebih baik dari sisi kelancaran.

Terpopuler