Damkar Karawang Minta Warga Matikan Listrik Sebelum Mudik

Rep: Ita Nina Winarsih/ Red: Andi Nur Aminah

Selasa 28 May 2019 23:57 WIB

Warga memeriksa meteran listrik (ilustrasi) Foto: Yasin Habibi/ Republika Warga memeriksa meteran listrik (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, KARAWANG -- UPTD Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Karawang, menghimbau warga untuk mematikan listrik sebelum berangkat mudik. Hal itu, guna mengantisipasi kebakaran akibat konsleting arus pendek. Mengingat, dari kasus kebakaran yang terjadi di wilayah ini, mayoritas akibat hubungan arus pendek listrik.

Plt UPTD Damkar Karawang, Gunawan, mengatakan, sebelum meninggalkan rumah, sebaiknya cek peralatan rumah tangga yang memanfaatkan energi listrik. Jika perlu, matikan seluruh power listriknya. Kondisi itu, untuk menghindari kebakaran akibat hubungan arus pendek.

Baca Juga

"Apalagi, bagi warga yang mudik ke kampung halamannya cukup lama. Sebaiknya, sebelum mudik mereka mematikan dulu power listriknya," ujar Gunawan, kepada sejumlah media, Selasa (28/5).

Tak hanya itu, lanjut Gunawan, regulator dan selang gas juga seyogyanya di lepas. Jangan sampai, saat meninggalkan rumah lebih dari dua hari, tabung gas masih terhubung dengan regulatornya.

Mengingat, antisipasi kebakaran sejak dini itu sangatlah penting. Salah satunya, kebakaran akibat hubungan arus pendek serta kebocoran gas. Karena itu, jika warga hendak mudik jauh dan cukup lama, sebaiknya dua hal itu dilakukan. N Ita Nina Winarsih (Ita)

Terpopuler