Kemenag Agam Himpun 800 Mushaf Alquran dari Gerakan Wakaf

Red: Nashih Nashrullah

Selasa 28 May 2019 22:13 WIB

Alquran dan Dzikir (ILustrasi) Alquran dan Dzikir (ILustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, LUBUKBASUNG— Kementerian Agama Kabupaten Agam, Sumatra Barat, berhasil menghimpun 800 eksemplar Alquran melalui Gerakan Wakaf yang digagas lembaga itu untuk menyemarakkan Ramadhan 1440 Hijriyah.

Kepala Kemenag Agam Edi Oktaviandi di Lubukbasung, Selasa, mengatakan ke 800 eksemplar Alquran itu dikumpulkan selama Ramadhan dari keluarga besar Kemenag setempat.

Baca Juga

Dia mengatakan 800 Alquran ini telah disalurkan ke masjid dan mushala saat tim Safari Ramadhan Pemkab Agam dan Kemenag mengunjungi 16 kecamatan di daerah itu.

Setiap masjid menerima 15 eksemplar Alquran, dan bantuan itu telah disalurkan untuk 18 masjid. "Tahun depan kita akan upayakan mengumpulkan lebih banyak lagi untuk disalurkan," kata dia.

Selain Program Wakaf Alquran, Kemenag juga memiliki Program Tabligh Ramadhan, Peduli, Berbagi dengan Dhuafa dan Anak Yatim."Jumlah dhuafa dan anak yatim yang disantuni 60 orang tersebar di 16 kecamatan, dan masing-masing mereka mendapatkan bantuan Rp 500 ribu," katanya.

Sementara program lain berupa silaturahim Ramadhan di dua masjid dengan menyalurkan bantuan Rp 5 juta untuk setiap masjid

Program pengelolaan dan pelaksanaan zakat fitrah atau penetapan kenversi zakat fitrah, tadarus Alquran, lomba keagamaan di madrasah, dan halal bi halal.

"Program Wakaf Alquran, Silaturahim Ramadhan dan Tabligh Ramadhan merupakan program pertama kali diadakan," katanya.

 

Terpopuler