Pemudik Manfaatkan Diskon 15 Persen Tol

Rep: S Bowo Pribadi/ Red: Ani Nursalikah

Selasa 28 May 2019 11:32 WIB

Sejumlah kendaraan pribadi berplat nomor luar Jawa Tengah mulai terpantau melintas di ruas tol Semarang- Surakarta, di KM 423 wilayah Banyumanik, Kota Semarang, Senin (27/5). Foto: Republika/Bowo Pribadi Sejumlah kendaraan pribadi berplat nomor luar Jawa Tengah mulai terpantau melintas di ruas tol Semarang- Surakarta, di KM 423 wilayah Banyumanik, Kota Semarang, Senin (27/5).

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Pemberian diskon 15 persen bagi pengguna jalan tol Trans Jawa yang mulai berlaku Senin (27/5) dimanfaatkan sebagian pemudik untuk berangkat lebih awal. Pengelola jalan tol memberikan diskon tarif tol 15 persen untuk seluruh ruas tol yang ada di Indonesia.

Memasuki H-8 Lebaran, Selasa (28/5), sejumlah kendaran pribadi bernomor polisi wilayah Jawa Barat dan DKI Jakarta sudah terpantau melintas di ruas tol Semarang- Surakarta, melalui Gerbang Tol (GT) Banyumanik. Bahkan, lalu lintas kendaraan bernomor polisi luar Jawa Tengah tersebut sudah terpantau di GT Banyumanik sejak Selasa dini hari tadi. Artinya sebagian pemudik telah memanfaatkan fasilitas ini guna menghindari puncak arus mudik. 

Baca Juga

“Betul, memang sudah terpantau walaupun volumenya belum melonjak signifikan,” jelas Asisten Manager Hukum dan Kehumasan PT Trans Marga Jateng, Yudha Wastu Pramuka yang dikonfirmasi Republika.co.id.

Ia juga mengungkapkan, sehubungan dengan adanya kebijakan pemberian diskon tarif jalan tol ini, PT TMJ sebagai pengelola ruas tol Semarang- Surakarta telah melaksanakan ketentuan tersebut. Terhitung mulai Senin pukul 24.00 WIB telah memberikan diskon kepada pengguna jalan tol ruas semarang- Surakarta. Pemberian diskon 15 persen untuk arus mudik ini akan berlaku efektif hingga Rabu (29/5) pukul 24.00 WIB.

“Sedangkan pada saat arus balik Lebaran, diskon sebesar 15 persen ini akan berlaku efektif mulai Senin (10/6) pukul 24.00 WIB sampai dengan Rabu (12/6),” kata Yudha.

Sebelumnya, Direktur Human Capital & Transformasi Jasa Marga, Alex Denni, dalam keterangan persnya menjelaskan, tersambungnya jalan tol Trans Jawa dari Merak hingga Probolinggo Timur sepanjang 977 kilometer membuat jalan tol ini bakal menjadi pilihan masyarakat untuk mudik Lebaran kali ini.

Apalagi pengelola jalan tol juga memberikan kesempatan kepada para pemudik bisa menikmati diskon sebesar 15 persen untuk seluruh ruas tol yang ada di tanah air, terhitung mulai tanggal 27 hingga 29 Mei 2019 (untuk arus mudik) dan tanggal 10 hingga 12 Juni 2019 (untuk arus balik).

Yudah juga menambahkan, guna membantu kelancaran arus lalu lintas selama arus mudik dan arus balik lebaran 2019 di ruas tol Semarang- Surakarta, PT TMJ mengimbau kepada pengguna jalan tol untuk memastikan kecukupan saldo alat transaksi elektroniknya.

Terpopuler