Arus Mudik di Pelabuhan Raja Ampat Mulai Ramai

Red: Ani Nursalikah

Senin 27 May 2019 20:51 WIB

Dermaga pelabuhan Raja Ampat. Foto: Ahmad Nausrau Dermaga pelabuhan Raja Ampat.

REPUBLIKA.CO.ID, WAISAI -- Pelabuhan Waisai, ibu kota kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat mulai ramai dengan penumpang mudik Lebaran 2019 tujuan Kota Sorong sebagai daerah transit ke daerah lain di dalam dan luar Papua. Loket pelayanan tiket kapal cepat PT Belibis Papua Mandiri, salah satu operasi angkutan penyeberangan Raja Ampat-Sorong, Senin (27/5), ramai antrean penumpang membeli tiket.

Petugas gabungan instansi terkait pemerintah kabupaten Raja Ampat telah berjaga jaga di pelabuhan guna memberikan pelayanan bagi masyarakat. Nana Iswana (23 tahun), penumpang mudik Lebaran tujuan Makassar mengatakan, dia hendak pulang ke kampung halamannya di Makassar untuk merayakan lebaran bersama keluarga.

Baca Juga

Dia mengatakan tidak ada penerbangan pesawat dari Raja Ampat menuju Makassar sehingga dirinya harus naik kapal menuju Kota Sorong. Setelah itu, barulah melanjutkan perjalanan menuju Makassar dengan pesawat.

Kepala Dinas Perhubungan kabupaten Raja Ampat, Lasiman yang memberikan keterangan terpisah, mengatakan telah membentuk tim gabungan mengamankan arus mudik sebagaimana surat edaran Menteri Perhubungan Republik Indonesia.

Dia mengatakan, pemerintah Kabupaten Raja Ampat telah membuka posko terpadu yang tujuannya memberikan pelayanan dan informasi bagi masyarakat terutama para pemudik yang datang maupun keluar Raja Ampat.

"Tim pelayanan angkutan lebaran tersebut melaksanakan tugas pengamanan pelabuhan Waisai terhitung H-15 hingga H+15 perayaan lebaran," ujarnya.

Terpopuler