Lebaran, Polres Cimahi Batasi Bus di Jalur Wisata Lembang

Rep: M Fauzi Ridwan/ Red: Agung Sasongko

Ahad 26 May 2019 20:21 WIB

Kawasan jalur wisata Lembang, Kabupaten Bandung Barat mulai dipadati kendaraan pelancong yang hendak berwisata ke objek wisata, Jumat (19/4). Foto: Republika/M Fauzi Ridwan Kawasan jalur wisata Lembang, Kabupaten Bandung Barat mulai dipadati kendaraan pelancong yang hendak berwisata ke objek wisata, Jumat (19/4).

REPUBLIKA.CO.ID, CIMAHI -- Libur lebaran 1440 hijriah mendatang, jajaran Polres Cimahi akan membatasi kendaraan besar seperti bus di beberapa jalan yang berada di jalur wisata Lembang, Bandung Barat. Langkah tersebut ditempuh sebab beberapa ruas jalan masuk dalam kategori rawan longsor.

Rencananya, pembatasan kendaraan bus akan dilakukan di Jalan Kolonel Masturi, tepatnya di Desa Cikahuripan. Selain itu, di jalur Maribaya-Lembang tepatnya kawasan Cibodas.

Kasat Lantas Polres Cimahi, AKP Suharto mengatakan pembatasan kendaraan dilakukan saat operasi ketupat berlangsung. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi yang tidak diinginkan seperti getaran dan bisa menyebabkan longsor.

"Sebulan lalu disana (jalan Kolonel Masturi) terjadi longsor. Namun tidak menganggu arus lalu lintas," katanya. Menurutnya, di musim libur nanti jika tidak turun hujan maka bus bisa melintas.

"Hati-hati saat melintas jalur tersebut dan sudah dikanalisasi," katanya. Sedangkan di jalur Maribaya-Lembang, menurutnya hanya bisa dilintasi satu lajur kendaraan sebab terdapat bahu jalan yang longsor.

Suharto mengatakan jika terjadi kepadatan kendaraan maka pihaknya  telah memasang rambu-rambu peringatan bagi pengguna jalan. "Kami imbau kendaraan bus tidak melewati jalur Maribaya," katanya.

Ia pun mengimbau agar warga yang hendak melintas agar mempersiapkan kendaraan. Serta tetap berhati-hati saat di jalur tersebut.

Terpopuler