Jelang Mudik, Peningkatan Keamanan Bandara Dilakukan

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Friska Yolanda

Ahad 26 May 2019 18:38 WIB

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (ketiga kiri)  Foto: Antara/Sigid Kurniawan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (ketiga kiri)

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Menteri Perhubungan (Menhub) mengatakan menjelang masa mudik hingga arus balik Lebaran Idul Fitri 1440, peningkatan keamanan bandara akan dilakukan. Hal tersebut berlaku di seluruh bandara yang ada di Indonesia. 

"Pengelola bandara juga melakukan kegiatan dengan meningkatkan keamanan dengan baik. Baik pengecekan dengan mobil maupun pengecekan individu," kata Budi saat meninjau kesiapan Bandara Internasional Soekarno-Hatta menjelang mudik, Ahad (26/5). 

Baca Juga

Budi mengatakan kemanan tersebut tidak hanya dari segi bandara saja dan fasilitasnya namun juga keamanan pesawat. Dia mengatakan selama menjelang mudik, Ditjen Perhubungan Udara Kemenhub melakukan ramp check pesawat secara random. 

Dia mengatakan semua pesawat yang beroperasi dan digunakan untuk transportasi mudik sudah dilakukan pemeriksaan kelaikannya. "Seluruh pesawat sudah kita lakukan ramp check. Alhamdulillah apa yang kami lihat semua pesawat siap untuk jalan," jelas Budi. 

Meskipun begitu, Budi tetap mengimbau kepada seluruh maskapai dan operator bandara tetap melakukan kesiapan dan antisipasi dengan baik. Dia menegaskan semua prosedur operasional standar (POS) yang ditetapkan oleh otoritas bandara harus dilaksanakan dengan baik. 

Dalam pemantauannya di Bandara Internasional Soekarno-Hatta hari ini, Budi juga sempat memeriksa kelaikan pesawat. "Semua baik. Tidak ditemukan kesalahan. Bahkan untuk hal minor sekalipun," ujar Budi. 

Terpopuler