Jelang Lebaran, Konsumen Diminta Waspada Makanan Kedaluwarsa

Rep: Intan Pratiwi/ Red: Gita Amanda

Sabtu 25 May 2019 16:32 WIB

Makanan kedaluwarsa. Foto: Flickr Makanan kedaluwarsa.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) Ardiansyah mengimbau masyarakat waspada terhadap barang-barang atau bahan makanan yang sudah kedaluwarsa. Ardiansyah menjelaskan konsumen diminta lebih teliti sebelum membeli barang dan teliti membaca label serta masa kedaluwarsa pada produk.

Hal kedua yang patut diwaspadai adalah cara menjual. Fenomena diskon dilakukan di beberapa pusat perbelanjaan dengan harga yang menggiurkan. Meskipun demikian, konsumen diharapkan lebih cermat berbelanja dan membandingkan dulu harga normal sebelum didiskon.

Baca Juga

“Pelaku usaha harus jujur dalam menawarkan serta mengiklankan atau memberikan pernyataan perihal produk, dan dilarang memberikan pernyataan menyesatkan terkait kebijakan potongan harga maupun pemberian hadiah,” ujarnya dalam siaran persnya, Sabtu (25/5).

Dia menuturkan, diperlukan ketegasan dari pemerintah untuk mengantisipasi maraknya penipuan menjelang lebaran terkait diskon ini. Baik melalui standar ketetapan harga minimum maupun pengawasan praktek pelaksanaannya.

Selain dua hal tersebut, kata Ardiyansah, masyarakat juga perlu mewaspadai adanya peredaran uang palsu. Jelang lebaran aktivitas masyarakat banyak melakukan penukaran uang dalan jumlah banyak hal ini sudah menjadi tradisi untuk membagi-bagikan Tunjangan Hari Raya (THR) ke sanak saudara.

"Namun, masyarakat diimbau melakukan penukaran uang di tempat-tempat resmi yaitu di perbankan untuk menjamin keasliannya," ujar Aridiyansah.

Terpopuler