Ini Titik Toilet Khusus Difabel di Tol Trans-Jawa

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Friska Yolanda

Jumat 24 May 2019 10:29 WIB

Menteri BUMN Rini Soemarno (kanan) meninjau area istirahat (rest area) Penarukan jalan tol Brebes-Pemalang di Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, Rabu (11/7). Foto: Antara/Oky Lukmansyah Menteri BUMN Rini Soemarno (kanan) meninjau area istirahat (rest area) Penarukan jalan tol Brebes-Pemalang di Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, Rabu (11/7).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Jasa Marga (Persero) Tbk menyediakan toilet khusus bagi difabel di beberapa titik ruas Tol Trans-Jawa. Corporate Communication Department Head Jasa Marga Irra Susiyanti mengatakan hal tersebut dilakukan untuk meningkatkan layanan menjelang arus mudik dan balik 2019.

"Kami menyiapkan toilet khusus penyandang disabilitas sebanyak 30 unit (pria dan wanita) di 14 rest area atau Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP)," kata Irra, Kamis (4/5).

Dia menjelaskan selama arus mudik dan balik, kondisi tempat istirahat, khususnya toilet, kerap terlihat antrean yang cukup panjang. Apalagi, kata Ira, penyandang difabel mengalami kesulitan untuk menggunakan fasilitas toilet di tempat istirahat tertentu. 

"Untuk itu keberadaan toilet khusus difabel dapat menambah kenyamanan para pemudik yang ingin menuju kampung halamannya, terutama yang melewati Jalan Tol Trans-Jawa," tutur Irra. 

Tidak hanya menyiapkan fasilitas khusus pada setia toilet difabel, Jasa Marga juga menambah toilet-toilet di seluruh jalan tol yang kelola. Terutama sepanjang Jalan Tol Trans-Jawa, serta menambah dan menempatkan petugas pengaturan parkir, keamanan, dan kebersihan di tmpat istirahat. 

Berikut rincian toilet khusus difabel di ruas Tol Trans-Jawa: 

TIP Km 88A Jalan Tol Padaleunyi: 4 unit

TIP Km 88B Jalan Tol Padaleunyi: 6 unit

TIP Km 97B Jalan Tol Padaleunyi: 2 unit

TIP Km 125B Jalan Tol Padaleunyi: 2 unit

TIP Km 149B Jalan Tol Padaleunyi: 2 unit

TIP Km 207A Jalan Tol Palikanci: 1 unit

TIP Km 360B Jalan Tol Batang-Semarang: 5 unit

TIP Km 519A Jalan Tol Solo-Ngawi: 1 unit

TIP Km 519B Jalan Tol Solo-Ngawi: 1 unit

TIP Km 575A Jalan Tol Solo-Ngawi: 1 unit

TIP Km 575B Jalan Tol Solo-Ngawi: 1 unit

TIP Km 597A Jalan Tol Ngawi-Kertosono: 1 unit

TIP Km 725A Jalan Tol Surabaya-Mojokerto: 1 unit

TIP Km 726B Jalan Tol Surabaya-Mojokerto: 2 unit