Hati-Hati, Masih Ada Jalan Rusak di Jalur Mudik Purwakarta

Rep: Ita Nina Winarsih/ Red: Dwi Murdaningsih

Kamis 23 May 2019 18:15 WIB

Sejumlah kendaraan melintasi jalur satu arah menuju Jakarta yang diberlakukan di tol Jakarta-Cikampek, di Cikopo, Purwakarta, Jawa Barat, Selasa (19/6). Foto: Antara/Hafidz Mubarak A Sejumlah kendaraan melintasi jalur satu arah menuju Jakarta yang diberlakukan di tol Jakarta-Cikampek, di Cikopo, Purwakarta, Jawa Barat, Selasa (19/6).

REPUBLIKA.CO.ID, PURWAKARTA -- Satuan Lalu lintas (Satlantas) Polres Purwakarta, melansir masih ada jalan yang kondisinya rusak di jalur mudik yang melintasi Purwakarta. Jalur yang masih ada kerusakan itu, yakni jalur utama tengah Sadang-Subang via Cibatu. Serta, jalur selatan Purwakarta-Bandung via Padalarang.

Kasat Lantas Polres Purwakarta AKP Ricky Adipratama, mengatakan, kerusakannya tidak terlalu parah. Akan tetapi, untuk menyambuk musim mudik, kerusakan di dua jalur itu harus segera diperbaiki. Karena itu, jajarannya sudah melayangkan surat ke instansi terkait supaya jalur itu segera diperbaiki sebelum H-7 lebaran.

Baca Juga

"Kita sudah mengecek, kondisi semua jalur yang akan dilintasi pemudik. Pada umumnya, sudah bagus kondisinya. Tapi, masih ada di sejumlah titik yang rusak," ujar Ricky, kepada Republika.co.id, Rabu (22/5).

Selain melakukan langkah antisipasi di titik rawan kemacetan, petugas kepolisian pun telah melakukan pengecekan kesiapan jalur yang akan dilalui pemudi. Ricky menyebutkan, jalur krusial yang selama ini menjadi andalan saat mudik cenderung dalam kondisi baik. Seperti, jalan nasional Cikopo-Sadang. Namun, dari Sadang ke Subang via Cibatu masih ada yang rusak.

Kerusakannya, tak terlalu parah. Karena, jalan tersebut berlubang dengan diamater yang relatif kecil. Serta, bergelombang. Namun, jika tak segera diperbaiki kerusakan itu bisa menimbulkan bahaya bagi pemudik. Terutama, pemudik sepeda motor.

Terkait kondisi tersebut, jajaranya telah berkirim surat kepada dinas terkait di provinsi. Dia berharap, kerusakan jalan ini bisa segera ditanggulangi sebelum arus mudik dan balik mendatang. Sebab, dengan kondisi infrastruktur seperti itu, dipastikan akan menghambat arus lalu lintas.

Ricky menyebutkan, selain ruas jalan tol, sampai saat ini jalan arteri yang ada di wilayah hukumnya masih menjadi andalan sebagai jalur lintasan pemudik. Untuk itu, berbagai langkah strategis sudah dirancang untuk melakukan pengamanan selama arus mudik dan balik lebaran.

Adapun jalur mudik di Purwakarta yang masih jadi primadona itu, seperti Cikopo-Pantura via Simpang Jomin. Kemudian, Jalur Cikopo-Sadang via Bungursari, Sadang-Subang via Cibatu (jalur tengah). Lalu, jalur Sadang-Purwakarta menuju Wanayasa-Subang-Cikamurang (jalur selatan).

Terkait kesiapan dalam pengamanan saat mudik lebaran nanti, lanjut Ricky, sebenarnya polanya tak akan berbeda jauh dari tahun-tahun sebelumnya. Untuk mudik, mungkin tidak terlalu dikhawatirkan. Apalagi, dengan diberlakukan pola one way di jalur tol.

"Yang dikhawatirkan justru saat arus balik nanti. Diprediksi beban jalur arteri di Purwakarta akan lebih berat," ujarnya.

Terpopuler