Dompet Dhuafa Hong Kong Gelar Tabligh Akbar

Red: Gita Amanda

Rabu 22 May 2019 21:48 WIB

Dompet Dhuaf Hong Kong menggelar Tabligh Akbar dan Buka Puasa Bersama Buruh Migran Indonesia di Hong Kong. Foto: Dompet Dhuafa Dompet Dhuaf Hong Kong menggelar Tabligh Akbar dan Buka Puasa Bersama Buruh Migran Indonesia di Hong Kong.

REPUBLIKA.CO.ID, HONG KONG -- Dompet Dhuafa Hong Kong menggelar tabligh akbar sekaligus buka puasa bersama di Taman Victoria, Hong Kong, Ahad (19/5) lalu. Acara diikuti oleh para relawan Dompet Dhuafa Hong Kong, yang sebagian adalah BMI (Buruh Migran Indonesia) serta pihak Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) dan Majelis Islam Hong Kong.

General Manager Dompet Dhuafa Cabang Hong Kong, Imam Baihaki, mengatakan sejak lama Dompet Dhuafa berusaha selalu mendampingi para BMI dan menjawab solusi atas pelayanan di Hong Kong. Maka tidak berlebihan jika hari ini diselenggarakan kembali acara untuk menjalin silaturahim dengan berbuka puasa bersama.

Baca Juga

"Alhamdulillah, acara berlangsung lancar dan ramai. Semua antusias dan para relawan luar biasa dengan semua dukungannya,” kata Imam Baihaki, seperti dalam siaran persnya.

Ia juga mengatakan gelaran ini merupakan salah satu fungsi Dompet Dhuafa dalam menjalin silaturahim umat Muslim, juga merawat asa para BMI ataupun masyarakat Indonesia yang berada di Hong Kong.

Wati, salah satu BMI sekaligus relawan Dompet Dhuafa Hong Kong, mengaku sangat senang dapat terlibat dalam kegiatan Dompet Dhuafa. Terlebih dalam acara berbuka puasa kali ini. Sebab, tahun ini adalah akhir dari masa kontrak kerjanya di Hong Kong sebagai BMI, dan dalam hitungan hari ia akan segera kembali ke Indonesia.

“Dompet Dhuafa bagi kami seperti rumah di Hong Kong. Kami disini jauh dari keluarga dan lama tidak bertemu mereka, Dompet Dhuafa dapat menggantikan rasa tersebut di Hong Kong ini. Bertambah pula kegiatan positif kami ketika libur dan bertambah keluarga sesama BMI yang memperkuat kekeluargaan kami,” ujar Wati.

Wati mengaku sangat senang akan segera bertemu kembali dengan sanak saudara di Indonesia, namun ia juga mengaku sangat sedih karena harus berpisah dengan keluarga Dompet Dhuafa di Hong Kong.

Tabligh Akbar yang terselenggara, juga diramaikan oleh partisipasi dari berbagai komunitas BMI dengan beberapa penampilan Hadroh dan Shalawat. Kemudian Tausyiah oleh para Dai Ambasador Cordofa (Corps Dai Dompet Dhuafa), yang khusus hadir di Hong Kong selama bulan Ramadhan 1440 H ini. Selain inti acara yakni Berbuka Puasa Bersama, rangkaian acara juga dilengkapi dengan solat tarawih berjamaah.

Telah menjadi sebuah tradisi untuk berkumpul di Taman Victoria pada setiap Ahad bagi para komunitas masyarakat Indonesia, khususnya para BMI yang bekerja di Negeri Beton ini. Layaknya sebuah hari raya, mereka kompak berkumpul di area taman untuk menikmati waktu liburnya bersama-sama. Melakukan berbagai aktifitas sesuai hobi dan curahan hatinya. Namun berkumpulnya mereka dalam satu kajian dakwah untuk mendekatkan diri pada Yang Maha Kuasa, merupakan sebuah pilihan bijak agar kelak menambah manfaat kebaikan dan saling berbagi.

Terpopuler