Hutama Karya Pastikan Tol Lampung-Palembang Siap Beroperasi

Rep: Novita Intan/ Red: Dwi Murdaningsih

Rabu 22 May 2019 15:19 WIB

Sejumlah kendaraan melaju di ruas Tol Bakauheni-Terbanggibesar, Lampung, Kamis (2/5). Foto: Republika/Prayogi Sejumlah kendaraan melaju di ruas Tol Bakauheni-Terbanggibesar, Lampung, Kamis (2/5).

REPUBLIKA.CO.ID, LAMPUNG-- Menjelang Lebaran 2019, PT Hutama Karya (Persero) memastikan kesiapan Jalan Tol Trans-Sumatra untuk dilalui pemudik. Salah satunya ruas tol dari Bakauheni hingga Palembang.

Direktur Utama Hutama Karya Bintang Perbowo mengatakan melakukan kegiatan penyusuran Jalan Tol Trans Sumatra Ruas Bakauheni - Terbanggi Besar – Pematang Panggang – Kayu Agung. Adapun tujuan dari dilakukannya kunjungan ini adalah meninjau kesiapan Jalan Tol Trans Sumatra Ruas Bakauheni – Terbanggi Besar – Pematang Panggang – Kayu Agung, Palembang, sebelum nanti dilalui oleh para pemudik.

Baca Juga

"Nanti ada yang operasional yaitu tol Bakauheni – Terbanggi Besar, dan juga ada yang akan kami fungsionalkan yaitu dari Terbanggi Besar – Pematang Panggang – Kayu Agung,"  ujarnya dalam keterangan tulis yang diterima Republika.co.id, Rabu (22/5).

Hingga saat ini progres pekerjaan konstruksi dari Terbanggi Besar hingga Kayu Agung sudah lebih dari 95 persen, sehingga sudah siap difungsionalkan dengan kondisi seluruhnya perkerasan beton atau rigid dan flexible pavement. Adapun Tempat Istirahat Sementara telah dibangun Rambu sudah terpenuhi dan Tempat Istirahat Sementara (TIS) sudah dibangun.

"Progressnya sudah 80 persen," ucapnya.

Sementara Kepala Divisi Pengembangan Jalan Tol Hutama Karya Agung Fajarwanto menjelaskan dengan difungsionalkannya ruas Terbanggi Besar – Kayu Agung dan Kayu Agung – Palembang (dikelola oleh PT Sriwijaya Markmore Persada), menandakan bahwa pada arus mudik 2019, pemudik sudah dapat melakukan perjalanan dari Lampung hingga Palembang melalui jalan tol sepanjang kurang lebih 361,06 km.

"Jalur ini terdiri dari Ruas Bakauheni – Terbanggi Besar yang telah beroperasi penuh sepanjang 140 km dan juga ruas lain yang masih fungsional yaitu Ruas Terbanggi Besar – Pematang Panggang sepanjang 99 km, Ruas Pematang Panggang – Kayu Agung sepanjang 87 km dan Ruas Kayu Agung-Palembang (dikelola oleh PT Sriwijaya Markmore Persada) sepanjang 34 km” ungkapnya.

Disamping itu, untuk memastikan kesiapan jalur mudik tersebut, Kepala Divisi Operasi dan Pemeliharaan Jalan Tol HK, J Aries Dewantoro menjelaskan pihaknya telah memersiapkan sebanyak 12 Tempat Istirahat/Rest Area dengan fasilitas berupa musholla, toilet dan SPBU Modular/Kios K/Motoris dari Bakauheni hingga Kayu Agung.

Terpopuler