Nirina Zubir Didik Anak Berpuasa Penuh

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Indira Rezkisari

Jumat 17 May 2019 10:52 WIB

Nirina Zubir. Foto: Antara Nirina Zubir.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebagai orang tua, aktris Nirina Zubir ingin mendidik anak-anaknya membiasakan jujur dan komitmen terhadap sesuatu. Termasuk untuk berpuasa di bulan Ramadhan tahun ini.

Aktris kelahiran Madagaskar ini menceritakan bahwa pada Ramadhan kali ini, ia berupaya mendidik anak-anaknya untuk belajar berpuasa. Menurutnya, mengajarkan anak berpuasa itu penting.

Baca Juga

Walaupun, mengajarkan anak untuk berpuasa sejak kecil tidaklah mudah. Di hari pertama, Nirina mengungkapkan kedua anaknya yang masih duduk di bangku SD itu sulit untuk dibangunkan sahur.

Di hari kedua, mereka mulai bersemangat untuk sahur dan berpuasa. Namun di hari ketiga, mereka rupanya sulit untuk menahan kantuk. Di hari seterusnya, ada saja alasan mereka untuk enggan sahur dan berpuasa.

Kendati begitu, Nirina berupaya mengajari agar anak-anaknya bisa berpuasa secara penuh. Menurutnya, ia ingin mengajari anak-anaknya untuk jujur dan komitmen menjalani puasa dalam sehari penuh.

"Setidaknya mereka bisa jujur berbicara dan berkomunikasi dengan orang tuanya, apa alasan untuk tidak selesai berpuasa. Jadi saya membuat dia terlatih untuk berbicara jujur dan berkomunikasi dan komitmen juga," kata Nirina, di acara peluncuran bumbu Bango di Jakarta, Kamis (16/5).

Di bulan Ramadhan ini, ibu dua anak ini juga berupaya meluangkan waktu untuk menemani anak-anaknya berbuka dan sahur. Di sela-sela kesibukannya, ia mengungkapkan menyempatkan waktu untuk bergegas pulang demi menemani anak-anak berbuka.

Namun, tidak jarang Nirina terpaksa tidak menemani anaknya berbuka karena pekerjaan. Kendati begitu, ia mengatakan bahwa anak-anaknya cukup mengerti dengan keadaan demikian.

Selain itu, Nirina mengungkapkan bahwa ia juga mendidik anak-anaknya agar bertanggung jawab dalam menghabiskan makanan yang diambil ke piring mereka agar tidak mubadzir. Hal demikian, kata dia, agar kedua anaknya bersyukur dan bisa merasakan ada banyak orang yang kekurangan makanan di luar sana. Tidak hanya soal makanan, Nirina juga kerap mengajak anak-anaknya untuk menghadapi sesuatu di luar zona nyaman mereka, seperti halnya naik angkutan umum.

"Saya ingin mengajari mereka hal-hal di luar zona nyaman mereka, mudah-mudahan mereka bisa lebih simpati dan empati terhadap orang lain," tambahnya.

Selain membiasakan puasa pada anak-anaknya, Nirina rupanya tetap menjalani rutinitas bersepedanya di bulan puasa ini. Aktris berusia 39 tahun ini masih rutin bersepeda dalam sepekan sekali di saat jam puasa.

"Sepeda tidak seberat lari, jadi saya masih bisa bersepeda saat puasa. Biasanya jarak yang ditempuh 30 km. Kalau ke kantor dari rumah paling 18 km," ujarnya.