Pengemudi Bus Terminal Kampung Rambutan Wajib Tes Kesehatan

Red: Ani Nursalikah

Kamis 16 May 2019 12:00 WIB

Pemudik turun dari bus di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta. Foto: Republika/Mahmud Muhyidin Pemudik turun dari bus di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pengelola Terminal Kampung Rambutan Jakarta mewajibkan seluruh pengemudi bus untuk menjalani tes kesehatan menjelang mudik Lebaran 2019.

"Kami ada tes kesehatan pengemudi bekerja sama dengan Dinas Kesehatan dan Jasa Raharja," kata Thofik selaku Ketua Satuan Pelayanan Terminal Kampung Rambutan saat diwawancara di Jakarta, Kamis (16/5).

Baca Juga

Selain tes kesehatan, dilakukan juga tes urine kepada pengemudi. Rangkaian tes ini dilakukan agar setiap pengemudi dipastikan sehat untuk mengemudi serta bebas dari narkoba.

Terminal Kampung Rambutan juga melakukan pemeriksaan kendaraan untuk mudik Lebaran ini. "Kendaraan untuk mudik nanti kita pastikan kendaraan sudah layak untuk perjalanan," katanya.

Sejauh ini, ditemukan 18 kendaraan yang tidak layak. Sebagian kendaraan ditilang karena belum memenuhi syarat, sedangkan yang benar-benar tidak layak beroperasi akan dipulangkan.

Untuk mengantisipasi lonjakan penumpang saat mudik, Terminal Kampung Rambutan meminta operator bus menambah jumlah kendaraan. Terdapat 1.017 kendaraan yang beroperasi setiap hari di Terminal Kampung Rambutan saat ini.

Tarif bus untuk libur Lebaran saat ini masih menunggu ketentuan pemerintah terkait batas atas dan batas bawah. "Transaksi pembelian karcis dilakukan langsung di bus. Informasi besaran tarif akan ditempel di dashboard kendaraan untuk mencegah kenaikan sepihak," kata dia.

Terpopuler