Ngabuburit Sambil Berkuda di Masjid Raya An-Nur Pekanbaru

Red: Dwi Murdaningsih

Rabu 15 May 2019 18:08 WIB

Masjid Agung An-Nur di Pekanbaru,Riau. Foto: www.masjid.asia Masjid Agung An-Nur di Pekanbaru,Riau.

REPUBLIKA.CO.ID, PEKANBARU -- Warga Kota Pekanbaru di Riau bisa memanfaatkan waktu menanti saat berbuka puasa dengan berkuda di halaman Masjid Raya An-Nur. Kuda-kuda ini disewakan untuk pengunjung masjid sejak 9 Mei sampai 25 Mei.

Pegawai Wisata Dakwah Okura, Wawan mengatakan Wisata Dakwah Okura selama ini menawarkan pengalaman berkuda dan memanah kepada konsumen. Dalam beberapa tahun terakhir membuka penyewaan kuda di Masjid An-Nur setiap bulan Ramadhan.

Baca Juga

Mereka membawa tiga kuda bernama Bima (8 tahun), serta Ribon dan Asko yang masing-masing berumur 12 tahun. Tarif berkuda bervariasi tergantung putaran yang dipilih. Tarif berkuda satu putaran halaman masjid Rp 30 ribu per orang, sedangkan untuk dua putaran tarifnya Rp 50 ribu.

Seorang joki akan mengawal penyewa menunggang kuda sejauh 300 meter sambil menikmati keindahan Masjid An-Nur. Masjid An-Nur bentuknya menyerupai Taj Mahal di India. Wisata berkuda selama Ramadhan dibuka setiap hari pukul 16.00 WIB hingga 18.00 WIB.

Seorang pengunjung Masjid Raya An-Nur, Heru (40), mengatakan wisata berkuda menjadi pilihan karena disukai oleh anak-anak dan relatif aman. Kuda yang dibawa juga terlihat sehat dan bagus secara fisik.

Heru juga mengaku takjub dengan pengelola penyewaan berkuda tersebut karena bisa menjaga lingkungan masjid tetap bersih. "Sudah tiga hari berturut-turut saja datang ke Masjid An-Nur, enggak ketemu sama sekali kotoran kudanya di jalanan," ujarnya.

Terpopuler