Shalat Tarawih di Masjid Mal Depok Town Square

Rep: Andrian Saputra/ Red: Reiny Dwinanda

Rabu 15 May 2019 14:53 WIB

Suasana pelaksanaan Shalat Tarawih di Masjid Amirul Muminin Mal Depok Town Square. Foto: Republika/Andrian Suasana pelaksanaan Shalat Tarawih di Masjid Amirul Muminin Mal Depok Town Square.

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK --- Memasuki waktu shalat Isya, sejumlah pengunjung Mal Depok Town Square tampak bergegas menuju Masjid Amirul Mu'minin yang terletak di lantai UG di pusat perbelanjaan itu. Mereka bersiap untuk melaksanakan ibadah shalat Isya yang dilanjutkan dengan shalat tarawih berjamaah.

Pelaksanaan shalat Isya dan tarawih di Masjid Amirul Mu'minin Depok Town Square pada Selasa (14/5) malam bertepatan dengan 9 Ramadhan 1440 Hijriah dipimpin oleh ustaz Ali Al Habsyi. Selain sebagai imam, ustaz Ali Al Habsyi pun bertugas sebagai penceramah untuk menyampaikan tausiyah singkat sebelum pelaksanaan shalat tarawih.

Pada malam itu, isi tausiyah yang disampaikan ustaz Ali bertemakan kaitan puasa Ramadhan dengan kesehatan. Sementara itu, untuk pelaksanaan shalat tarawih dilakukan sebanyak delapan rakaat dan ditutup shalat witir sebanyak tiga rakaat.

Memasuki pekan kedua Ramadhan, jamaah pria yang mengikuti shalat tarawih di masjid itu sampai tiga shaf. Sedang jamaah perempuan satu shaf. Jamaah yang mengikuti shalat tarawih pun tak hanya pengunjung dan karyawan serta penjaga tenant mal. Sebagian jamaah merupakan penghuni apartemen.

Dari pantauan Republika.co.id, pelaksanaan shalat isya dan tarawih di masjid Amirul Muminin pun berlangsung khusuk. Lepas shalat, jamaah pun bisa melepas dahaga dengan meminum air mineral kemasan yang telah disediakan pengurus masjid di pintu masuk secara cuma-cuma.

Menurut Ketua Dewan Kemakmuran Masjid Amirul Mu'minin, ustaz Amin, pada Ramadhan tahun ini pihaknya memang menyusun sejumlah program untuk memakmurkan masjid di mal tersebut. Selain pelaksanaan shalat tarawih, pengurus masjid juga mengadakan pengajian, tadarus Alquran, santunan untuk yatim piatu hingga buka puasa. Ustaz Amin mengatakan, saban harinya pengurus masjid menyediakan iftar bagi 200 jamaah Masjid Amirul Mu’minin.

“Antusiasme jamaah untuk tarawih di sini sangat luar biasa, yang bersedekah juga meningkat. Program Ramadhan tahun ini juga sangat banyak,” kata ustaz Amin kepada Republika.co.id.

Salah satu jamaah yang juga pengunjung mal, Anwar, mengungkapkan a merasa nyaman melaksanakan shalat tarawih di Masjid Amirul Mu'minin. Meski berada di dalam mal, pengurus dapat menjaga kebersihan masjid.

Selain itu, adanya fasilitas pendingin ruangan yang cukup membuat jamaah tak merasa kegerahan saat berada di dalamnya. Anwar pun terbantu dengan adanya masjid di dalam mal tersebut sehingga tetap bisa melaksanakan shalat tarawih.

“Masjdinya nyaman menurut saya dan ada masjid di mal itu bagus. Yang belanja tak perlu keluar, susah cari masjid,” katanya.

Terpopuler