Lentera Kerajinan Tradisional Terbesar di Yerusalem

Rep: Umi Nur Fadillah/ Red: Agung Sasongko

Selasa 14 May 2019 07:47 WIB

'Mesaharaty' (petugas yang membangunkan warga untuk bersahur) membangunkan warga Casbah di Kota Tua Hebron - Tepi Barat. Mereka menabuh alat musik perkusi dan tetabuhan lain membangunkan warga selama Ramadhan. Foto: ABED AL HASHLAMOUN/EPA EFE 'Mesaharaty' (petugas yang membangunkan warga untuk bersahur) membangunkan warga Casbah di Kota Tua Hebron - Tepi Barat. Mereka menabuh alat musik perkusi dan tetabuhan lain membangunkan warga selama Ramadhan.

REPUBLIKA.CO.ID, YERUSALEM — Di tokonya di Kota Tua Yerusalem, Issam Zughair tetap semangat membuat lentera tradisional. Kegiatan pengrajin Palestina yang biasa dilakukan menandai datangnya bulan suci Ramadhan.

Di tengah upayanya melestarikan lentera tradisional, Zughair juga harus bersaing melawan impor murah barang kerajinan itu dari Cina. Toko Zughair berhias lampu-lampu lentera berukuran besar dan kecil. Beberapa tergantung di langit-langit, lainnya tergeletak di luar untuk menarik perhatian orang. Warnanya sangat indah saat malam tiba.

Seperti dilansir di Arab News, Zughair belajar kegiatan jual-beli dari sang ayah. Ayahnya adalah tukang kayu, yang awalnya membuat lentera kayu. “Ayah saya membuka toko ini pada 1950an, kami ingin melindungi warisan itu,” kata Zughair saat berbincang ditemani istrinya.

Lentera terbesar di toko Zughair, tingginya mencapai dua meter. Bentuknya menyerupai masjid, dan dibuat khusus untuk menyambut Ramadhan. Lentera itu terbuat dari lembaran logam dan kaca, menggunakan teknik yang diyakini berasal dari kekhalifahan Fatimiyah di Mesir pada abad ke-10.

Zughair percaya lentera adalah kerajinan tradisional terbesar yang dibuat di Yerusalem. “Tidak ada yang menyaingi saya dalam membangun mereka,” ujar dia.

Dia sudah 67 tahun mengimpor bahan dari Mesir dan Turki untuk kerajinan lentera di toko Kota Tua itu. Terkadang, dia menambahkan ayat-ayat Alquran, ungkapan dalam agama, atau nama Tuhan sesuai dengan keinginan pembeli.

Terpopuler