Baznas Gelar Kampung Ramadhan di Kabupaten Bogor

Rep: Ali Yusuf/ Red: Hasanul Rizqa

Ahad 12 May 2019 19:21 WIB

Para mustahik Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) menggelar acara Kampung Ramadhan untuk untuk memeriahkan ibadah di bulan suci 1440 Hijriah.  Foto: dok. Baznas Para mustahik Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) menggelar acara Kampung Ramadhan untuk untuk memeriahkan ibadah di bulan suci 1440 Hijriah. 

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Untuk menyemarakkan bulan suci Ramadhan, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) mengadakan "Kampung Ramadhan." Kali ini, rangkaian kegiatan itu dihelat di Desa Jabon Mekar, Kecamatan Parung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, sejak Rabu (8/5) hingga hari ini, Ahad (12/5).

"Kampung Ramadhan" ini digelar atas kerja sama Baznas Mircofinance Desa (BMD) Jabon Mekar dan masyarakat setempat. Menurut Kepala Divisi Pendayagunan Baznas, Randi Swandaru, kegiatan ini bermanfaat antara lain untuk meningkatkan pendapatan usaha bagi para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) mitra BMD.

Baca Juga

BMD sendiri merupakan lembaga keuangan non-profit yang menyediakan sarana pembiayaan bagi para mustahik yang hendak berwirausaha.

"Kampung Ramadhan ini memfasilitasi pelaku usaha mikro dan mitra BMD Jabon Mekar dalam mengembangkan jaringan pemasaran produk-produk dengan menyediakan tempat berjualan di event bazar," ujar Randi Swandaru di Desa Jabon Mekar, kemarin.

"Kegiatan ini juga dapat meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan para mustahik, karena terdapat bazar yang menampilkan produk-produk hasil produksi para mustahik," sambung dia.

Ada sebanyak 30 orang peserta bazar "Kampung Ramadhan." Berbagai produk dijajakan, mulai dari makanan, minuman, pakaian, hingga alat-alat kebutuhan rumah tangga.

Selain itu, 15 tim santriwan-santriwati desa setempat turut memeriahkan acara. Mereka mengadakan lomba marawis dan pelbagai kegiatan meriah lainnya. Ustaz Agus Idwar yang hadir dalam acara ini memberikan tausyiah menjelang waktu berbuka puasa.

Rangkaian acara "Kampung Ramadhan" menyedot perhatian warga sekitar. Bagi mereka, kegiatan ini efektif sebagai ajang silaturahim dan berbelanja kebutuhan sehari-hari.

Warga makin antusias lantaran ada pembagian 15 doorprize, mulai dari perlengkapan ibadah hingga peralatan elektronik. Para pemenang diumumkan menjelang waktu berbuka puasa.

Sementara itu, Kepala Desa Jabon Mekar Ina Yuliana mengaku senang dengan hadirnya lembaga keuangan BMD. Menurut dia, BMD ikut membantu pemberdayaan masyarakat.

Dia berharap setelah kegiatan "Kampung Ramadhan" Baznas usai, lokasi acara ini bisa terus digunakan sebagai tempat usaha, sehingga menstimulus gerak ekonomi masyarakat.

"Alhamdulillah Baznas mendukung desa kami, cita-cita kami telah tercapai atas kegiatan ini dan adanya BMD disini. Lapak ini akan kami optimalkan untuk aktivitas ekonomi warga di Desa Jabon Mekar," papar dia.

"Kampung Ramadhan" Baznas tidak hanya membuka bazar bagi para pelaku usaha mikro, gerai zakat untuk konsultasi dan membayar zakat dibuka, para pengunjung juga dihibur dengan acara talkshow dan pentas seni.

Kegiatan Kampoeng Ramadhan juga diselenggarakan di BMD Lombok di Kecamatan Kuripan pada 11–15 Mei 2019, dan BMD Sigi, Sulawesi Tengah Desa Kabobona pada 16–18 Mei 2019.