Berkah Ramadhan, Dompet Dhuafa Gelar Grebek Kampung

Rep: Ali Yusuf/ Red: Elba Damhuri

Ahad 12 May 2019 19:18 WIB

Dompet Dhuafa terus mendekati kemiskinan melalui tiga cara. Foto: Foto: Istimewa Dompet Dhuafa terus mendekati kemiskinan melalui tiga cara.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Dompet Dhuafa (DD) menggelar tebar berkah Ramadhan melalui Grebek Kampung (GK). Hari pertama GK di wilayah Jabodetabek dilakukan di Kp Kadusewu Desa Rabag, Rumpin, Parung, Kab Bogor.

Ketua Program Ramadhan Dompet Dhuafa, Haryo Mojopahit, mengatakan GK ini merupakan upaya DD berkontribusi kepada masyarakat untuk memberikan kebahagian kepada masyarakat luas di seluruh Indonesia.

"Program GK ini diharapkan dapat memberi kebahagiaan bagi masyarakat kampung yang dikunjungi," kata Haryo Mojopahit kepada wartawan, Sabtu (11/5).

Haryo menjelaskan kegiatan ini merupakan salah satu bentuk upaya gotong royong dan saling berbagi kepada sesama umat beragama, terutama bagi mereka yang menjalankan ibadan puasa.

"Kegiatan ini untuk mengangkat harkat sosial kemanusiaan kaum dhuafa dengan dana zakat, infak, sedekah, dan wakaf, serta dana lain halal dan legal, baik dari perorangan, kelompok, maupun perusahaan/lembaga," kata Haryo.

Setidaknya, jelas dia, akan ada 114 kampung di seluruh Indonesia yang akan digrebek oleh Dompet Dhuafa. Kampung-kampung itu telah diseleksi yang memang mayoritas masyarakatnya mustahik.

"Untuk wilayah Jabodetabek sendiri ada dua  kampung yang akan digrebek, yakni di wilayah Bogor dan karawang," kata Haryo.

Ia memastikan Grebek Kampung menjadi ajang pemupuk rasa persaudaraan dan gotong royong yang sudah mulai memudar di masayarakat Jakarta dan kota-kota lain di Indonesia. Salah satu bentuk gotonng royong dalam Grebek Kampung yaitu menu berbukanya dimasak bersama langsung oleh ibu-ibu di sekitar titik lokasi berbuka.

Dengan adanya sikap gotong royong, Haryo berkeyakinan dapat memberikan virus kebaikan kepada warga sekitar. Dengan begitu, masyarakat terpanggil untuk berlomba berbuat kebaikan, terkhusus di bulan Ramadhan kali ini.

Berbagai kegiatan yang terdapat dalam memeriahkan Grebek Kampung Dompet Dhuafa ini antara lain kegiatan aksi layanan sehat gratis, layanan cukur gratis, dam ngecat bareng mushala.

Juga, belajar bela diri, lomba anak kreatif, lomba anak saleh, story telling , safari dakwah, dapur keliling, berbuka bersama, pasar berkah, dan santunan yatim dari berbagai komunitas.

Dompet Dhuafa  mengajak masyarakat menebar #jangantakutberbagi untuk terus tebar tebar Berkah Ramadhan. Jugam jangan takut berzakat.

   

Dompet Dhuafa adalah lembaga filantropi Islam yang berkhidmat dalam pemberdayaan kaum dhuafa dengan pendekatan budaya melalui kegiatan filantropis (welasasih) dan wirausaha sosial.

Selama 25 tahun lebih, Dompet Dhuafa telah memberikan kontribusi layanan bagi perkembangan umat dalam bidang sosial, kesehatan, ekonomi, dan kebencanaanserta CSR.

Terpopuler