Gunung Papandayan Berbenah Sambut Libur Lebaran

Red: Ani Nursalikah

Ahad 12 May 2019 14:23 WIB

Kawah Gunung Papandayan Foto: ANTARA Kawah Gunung Papandayan

REPUBLIKA.CO.ID, GARUT -- PT Alam Indah Lestari (AIL) pengelola Taman Wisata Alam Gunung Papandayan di Kabupaten Garut, Jawa Barat melakukan pembenahan kawasan wisata selama Ramadhan untuk persiapan memberikan kenyamanan bagi pengunjung saat musim libur Hari Raya Lebaran 2019.

"Tentunya kita selalu berbenah dari tahun tahun sebelumnya agar menciptakan Papandayan yang memanjakan pengunjung," kata Direktur PT AIL, Tri Persada di Garut, Ahad (12/5).

Baca Juga

Ia menuturkan, jajarannya membenahi sarana dan prasarana Kawasan Wisata Alam Gunung Papandayan, salah satunya jalur jogging track yang nyaman dan aman untuk dilintasi wisatawan. "Kita sedang dalam tahap penataan di dalam pembuatan jogging track," katanya.

Penataan yang dilakukan selama Ramadhan itu sebagai bentuk persiapan pengelola memberikan pelayanan yang terbaik kepada pengunjung pada musim libur Lebaran. "Kami sudah sangat siap ketika ada lonjakan pengunjung di musim libur Lebaran," katanya.

Gunung Papandayan merupakan kawasan wisata alam di Kecamatan Cisurupan yang menyuguhkan keindahan alam seperti tebing kawah bekas letusan gunung, bumi perkemahan, taman edelweis, hutan mati, dan pemandian air panas. Setiap hari, wisata alam itu banyak dikunjungi wisatawan dalam negeri, bahkan luar negeri yang datang secara rombongan atau kelompok kecil untuk berkemah. Ada juga sekadar menikmati keindahan kawah.

Namun memasuki Ramadhan tingkat kunjungan ke Gunung Papandayan turun drastis dibandingkan dengan hari-hari biasa. Diprediksi akan terjadi lonjakan pengunjung pada musim libur Lebaran.

"Dibandingkan hari biasa itu jauh sekali turunnya karena memang ada masyarakat yang fokus menjalani ibadah puasa atau alasan-alasan lain," kata Tri.

Terpopuler