Ketua Masjid Raya Sumbar Harap Umat Capai Derajat Takwa

Rep: Febrian Fachri/ Red: Muhammad Hafil

Sabtu 11 May 2019 16:45 WIB

Masjid Raya Sumbar Foto: Febrian Fachri/Republika.co.id Masjid Raya Sumbar

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG--Ketua Pengurus Masjid Raya Sumatra Barat Yulius Said menyerukan kepada umat Islam agar berlomba-lomba beramal soleh selama Ramadhan 1440 H ini. Menurut Yulius Ramadhan adalah kesempatan emas bagi setiap hamba Allah untuk mendapatkan derajat taqwa.

Taqwa yang dimaksudkan Yulius adalah timbulnya rasa takut dari seorang hamba Allah ketika tidak menjalankan perintah dan ketika tidak menjauhi larangan agama. 

Baca Juga

"Kita harus tumbuhkan rasa takut ketika meninggalkan perintah Allah, dan takut ketika mengerjakan laraganNya. itulah taqwa itu. Takwa itu yang kita kejar terlebih saat Ramadhan ini," kata Yulius kepada Republika.co.id, Sabtu (11/5).

Yulius menyebutkan ada banyak sekali ibadah yang bisa dilaksanakan selama Ramadhan. Mulai dengan ibadah puasa wajib, solat wajib berjemaah di masjid, memperbanyak sedekah, memperbanyak bacaan Alquraan, memperbanyak solat sunah dan ibadah-ibadah lain. Terlebih selama bulan puasa ini kata Yulius umat Islam diminta untuk menahan diri dari segala bentuk perbuatan yang bisa menjerumuskan kepada dosa.

"Jadi harapan kami selama Ramadhan umat Islam benar-benar menjalankan seperti yang dikatakan Allah dalam surat Albaqoroh ayat 83. Yang intinya menambah keimanan dan bertaqwalah kepada Allah," ujar Yulius.

Di Masjid Raya Sumbar sendiri ada banyak kegiatan yang bisa membantu umat Islam memperbanyak pahala selama Ramadhan. Yakni solat berjemaah untuk solat wajib dan solat sunah tarawih. Ada buka puasa bersama, ceramah agama, tadarus dan itikaf selama 10 malam terakhir.