Pembangunan Dua Gerbang Tol Pengganti Cikarut Dikebut

Rep: Ita Nina Winarsih/ Red: Dwi Murdaningsih

Jumat 10 May 2019 14:41 WIB

Pembangunan GT Utama di Tol Cipularang KM 67, terus dikebut, Jumat (10/5). Foto: Republika/Ita Nina Winarsih Pembangunan GT Utama di Tol Cipularang KM 67, terus dikebut, Jumat (10/5).

REPUBLIKA.CO.ID,  PURWAKARTA -- PT Jasa Marga mengebut pembangunan dua gerbang tol utama yang berada di wilayah Kabupaten Purwakarta. Dua gerbang tol itu, yakni GT Cikampek Utama yang berada di KM 70 Tol Jakarta-Cikampek. Serta, GT Kalihurip Utama yang berada di KM 67 Tol Cipularang.

Pada arus mudik 2019 ini, diharapkan kedua gerbang tol ini bisa dioperasionalkan. General Superintendent Jasa Marga Toll Road Maintainance, Otto Yahya Permana, mengatakan, pembangunan dua gerbang tol utama ini, imbas dari dinonaktifkannya GT Cikarang Utama (Cikarut).

Saat ini, GT Cikarut telah dibongkar. Karena, setiap musim arus mudik dan balik, GT Cikarut menjadi penyumbang kemacetan di ruas Tol Jakarta-Cikampek.

"Beban GT Cikarut sudah sangat tinggi bahkan overload. Solusinya, Jasa Marga membangun dua GT utama di ruas Tol Japek dan Cipularang," ujar Otto, kepada sejumlah media, Jumat (10/5).

Dengan peralihan gerbang tol Cikarang Utama ini, lanjut Otto, bertujuan untuk mengurangi kemacetan di gerbang utama menuju Jakarta tersebut. Oleh karena itu, pada arus mudik lebaran 2019, para pemudik yang menggunakan jalur tol dari arah Jakarta tidak akan lagi melakukan transaksi di GT Cikarut.

Transaksinya, dipindahkan ke GT Cikampek Utama di KM 70 Tol Japek. Serta, GT Kalihurip Utama di KM 67 Tol Cipularang. Kedua, gerbang tol ini terintegrasi. Sehingga, memudahkan para pengguna jalan tol untuk bertransaksi.

"Di gerbang tol utama ada 14 loket. Serta, di gerbang satelit ada 16 loket," ujarnya.

Dari jumlah tersebut, masing-masing gerbang tol utama mendapat tujuh gerbang yang bersifat reverseable atau bisa difungsikan dari kedua arah. Selain itu, ada delapan loket di setiap gerbang tol di dua ruas tol yang bersifat gerbang satelit atau gerbang tambahan.

"Kami akan fungsionalkan saat arus mudik tahun ini, dengan harga yang terintegrasi. Sudah ada transaksi disini dan yang di GT Cikarut akan dihapus," ujarnya.

Sementara itu, Kasat Lantas Polres Purwakarta AKP Ricky Adipratama, mengatakan gerbang tol baru ini mendapatkan fokus utama jajarannya terkait dengan kesiapan dan pengamanan arus lalu lintas selama mudik dan balik lebaran.

"Ada dua titik pos baru, untuk pengamanan lalu lintas di dalam tol. Yakni, GT Cikampek Utama di KM 70 Tol Japek dan GT Kalihurip Utama di KM 67 Tol Cipularang," ujar Ricky.

Terpopuler