Puasa di Oman, 1 Negara Bisa Berbeda Durasi Berpuasa

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Nashih Nashrullah

Kamis 09 May 2019 20:06 WIB

Ilustrasi Ramadhan Foto: Reuters/Amr Abdallah Dalsh Ilustrasi Ramadhan

REPUBLIKA.CO.ID, MUSCAT – Durasi berpuasa selama Ramadhan berbeda-beda di setiap negara. Rata-rata waktu berpuasa tahun ini sekitar 15 jam di beberapa negara Arab dan negara Muslim lainnya.

Di Oman, Durasi berpuasa selama Ramadhan bervariasi tergantung wilayah tempat tinggal. Umat Islam yang tinggal di bagian utara Oman berpuasa rata-rata 14 setengah jam setiap harinya. 

Baca Juga

Sementara, penduduk di bagian selatan kesultanan ini akan menjalani puasa dengan durasi sedikit lebih pendek. Namun, rata-rata jam berpuasa di Oman ialah 14 jam dan 31 menit. 

Perbedaan waktu itu bisa dilihat dalam aplikasi mobile yang dikembangkan Kementerian Wakaf dan Agama Oman yang disebut al-Taqweem al-Omani, berarti kalender Oman. Kalender ini menampilkan waktu shalat masing-masing wilayah di negara ini.

Selama Ramadhan, umat Islam berpuasa dari mulai waktu subuh hingga matahari terbenam saat magrib. Semakin dekat ke khatulistiwa, semakin sedikit jam berpuasa.

Menurut aplikasi tersebut, shalat Subuh di Muscat tepat pada pukul 4.07 dan shalat Maghrib pada pukul 6.43. Ini berarti total puasa setiap hari bagi mereka yang tinggal di Muscat adalah 14 jam 36 menit. 

Dhofar adalah gubernuran paling selatan di negara itu. Muslim di daerah perbatasan ini berpuasa 24 menit lebih sedikit dari Muslim yang tinggal di Muscat dan di bagian utara Oman. 

Sementara, berpuasa di wilayah Raykhyut di Kegubernuran Dhofar dimulai pukul 4.41 dan berakhir pada 6.53. Kepala Observatorium Astronomi Al Hoqain, Yusif al-Salmi, berbicara mengenai berbagai jam puasa di Kesultanan Oman.   

"Di Oman, waktu matahari terbit, matahari terbenam, dan panjang hari bervariasi sesuai dengan lokasi geografis yang berbeda dan jarak wilayah dari garis khatulistiwa bumi," kata al-Salmi, dilansir dari Times of Oman, Kamis (9/5). 

Di luar Oman, durasi jam puasa terpendek di negara-negara Arab adalah di Somalia. Pada hari pertama Ramadhan, Muslim Somalia berpuasa rata-rata 13 jam dan 24 menit. Di Yaman, rata-rata Muslim berpuasa selama 14 jam dan 7 menit. 

Di Uni Emirat Arab (UEA), masyarakat Muslim di sana berpuasa selama 14 jam 33 menit pada hari pertama Ramadhan. Sedangkan, di Arab Saudi, rata-rata durasi berpuasa ialah 14 jam dan 40 menit. 

Sementara itu, Aljazair dan Tunisia dianggap sebagai salah satu negara yang berpuasa paling lama dibandingkan negara-negara Arab lainnya. Di sana, durasi berpuasa ialah selama 15 jam dan 31 menit.  

Terpopuler