Jakarta Ramadan Dihelat di Plaza Indonesia, Ada Apa Saja?

Rep: Dwina Agustin/ Red: Reiny Dwinanda

Kamis 09 May 2019 16:33 WIB

Salah satu booth fashion peserta Jakarta Ramadan yang dihelat #markamarie di Plaza Indonesia, Kamis (9/5). Foto: Markamarie Salah satu booth fashion peserta Jakarta Ramadan yang dihelat #markamarie di Plaza Indonesia, Kamis (9/5).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bulan Ramadhan 1440 Hijriah di Jakarta semakin meriah dengan pelaksanaan hiburan keagaman yang beragam. Salah satu yang tengah berlangsung adalah Jakarta Ramadan yang dimulai sejak 7 hingga 14 Mei 2019 di Plaza Indonesia.

Dalam pelaksanaan, #Markamarie bersama Plaza Indonesia mengangkat tema "Ramadan on The Island: Urban Modest Lifestyle". Acara ini tersebar di Plaza Indonesia, The Warehouse Level 5 (booth, trunkshow, talkshow, dan workshop) dan The Atrium Level 4 (talkshow).

"Konsep tema "Ramadan on The Island" menandai bahwa Ramadan adalah waktu yang paling tepat untuk merenung, merefleksikan diri, kegiatan renungan ini kerapkali dilakukan ketika menikmati suasana pantai di pulau," kata Founder #Markamarie  Franka Soeria.

Jakarta Ramadan mempersembahkan 14 fashion presentation, 20 booth, serangkaian talk show, dan workshop bersama influencer, selebritas, dan komunitas terkemuka Indonesia. Akan ada 10 fashion workshop dengan topik seputar fashion, beauty, art, bisnis dan startup, serta terdapat sesi tausiyah bersama Quraish Shihab.

Di samping itu, Jakarta Ramadan membuat program Fashion for Good, persembahan #Markamarie X UNHCR. Fashion for Good berakar dari Benang Project, sebuah program sosial yang digagas Franka melalui #Markamarie yang menyediakan pelatihan fashion bagi para pengungsi internasional yang berada di Indonesia.

Pelatihan ini termasuk kemampuan mendesain, membuat pola, menjahit, menciptakan brand, teknik pemotretan, hingga fashion show untuk membantu para pengungsi menyatu lebih baik dengan masyarakat Indonesia. Benang dimaknai Franka sebagai lambang harapan untuk dapat menjahit dua komponen, masyarakat dan para pengungsi, sehingga dapat lebur menjadi satu dan melahirkan sebuah ide serta karya besar.

Secara nyata, karya besar Benang Project telah mendapat perhatian dunia setelah diperkenalkan #Markamarie di berbagai perhelatan fashion internasional, yakni di Jakarta, Paris, Istanbul, dan Dubai

Terpopuler