Cara Tika Ramlan Ajari Anak Berpuasa

Rep: Dwina Agustin/ Red: Reiny Dwinanda

Kamis 09 May 2019 15:01 WIB

Tika Ramlan Foto: Republika/Dwina Agustin Tika Ramlan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tika Ramlan telah memiliki tiga anak dari pernikahan dengan Tri Aji Raharso. Untuk menarik minat anandanya berpuasa, dia mencoba memberikan pengertian dengan tambahan hadiah yang memicu keinginan menyelesaikan puasa.

"Kasih pemahaman pelan-pelan, awalnya kasih reward dan coba jelasin kalau puasa ini bukan masalah uang, tapi pahala," kata mantan anggota kelompok vokal T2 ini.

Untuk menanamkan pemahaman tentang kewajiban berpuasa, Tika memilih untuk memberikan pemahaman secara bertahap. Meski harus memberikan hadiah sebagai upaya anak berpuasa, ia menganggap cara ini efektif untuk pengenalan awal pada anak.

Muslimah bernama lengkap Kartika Yudia Ramlan ini tidak ingin memaksakan anaknya untuk berpuasa. Untuk itu, ia melakukan pendekatan yang menarik sambil sedikit demi sedikit memberi pemahaman pada buah hatinya tentang hakikat berpuasa di bulan Ramadhan.

"Anak ini memang sudah pintar, pernah bilang memang mau pahala, tapi lebih enak lagi kalau dapat uang juga," ujar Tika menirukan argumentasi anaknya.

Anak pertama Tika, yakni Arkana Uno Raharso, sudah berusia sembilan tahun. Tika pun mengajarinya puasa ke tahap pemahaman. Sementara itu, anak kedua dan si bungsu, Attala Mada Raharso dan Chayra Sabiya Raharso Hadinot, telah diperkenalkan tentang puasa.

Di samping mengurus ketiga anak dan mengelola merek pakaian CR alias Caira by Tika Ramlan, Tika pun sebisa mungkin tetap menghidangkan makanan berbuka dan sahur bersama. Salah satu makanan penting adalah buah blewah yang sangat digemari suaminya untuk sahur dan berbuka.

"Ini memang diminta hanya Ramadhan saja," ujar Tika.