Maksimalkan Ramadhan, ASN Sukabumi Tadarus Alquran

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Nashih Nashrullah

Rabu 08 May 2019 21:20 WIB

Alquran/Ilustrasi Alquran/Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI— Para aparatur sipil negara (ASN) di lingkup Pemkot Sukabumi mengisi Ramadhan dengan berbagai kegiatan ibadah. Salah satunya tadarus Alquran yang dilakukan pada saat istirahat maupun waktu tertentu.  

“Bulan Ramadhan, ASN dapat mengisinya dengan tadarus Alquran di Masjid Al Ikhlas yang ada di pemkot,’’ ujar Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi, Rabu (8/5). Hal ini merupakan salah satu cara mengisi Ramadhan dengan kegiatan bermakna dan bernilai ibadah  

Baca Juga

Selain tadarus Alquran, kata Fahmi, para ASN juga mengikuti kajian Ramadhan yang digelar selepas shalat Zhuhur di Masjid Al Ikhlas Pemkot Sukabumi. Dalam kajian tersebut disampaikan ceramah keagamaan oleh para ustad tentang berbagai tema keagamaan.  

Khusus wanita, kata Fahmi, akan dilakukan pengajian wanita yang digelar setiap Jumat mulai pukul 13.00 WIB hingga pukul 13.30 WIB. Pengajian akan mendatangkan ustazah. 

Di sisi lain, Fahmi menekankan para ASN harus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat selama bulan puasa. ‘’ASN Jangan sampai kendor dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat karena sedang puasa,’’ imbuh dia.

Sebabnya, lanjut Fahmi, bila belajar dari sejarah ada 13 peristiwa besar yang terjadi di bulan Ramadhan dan di antaranya peperangan. Dengan hal itu, maka momentum Ramadhan bisa menjadi pemacu untuk meningkatkan kinerja pelayanan kepada masyarakat.  

Selama Ramadhan terdapat perubahan jadwal kerja ASN yakni masuk pukul 08.00 WIB dan pulang pukul 15.00 WIB. Sementara khusus hari Jumat pulang pukul 15.30 WIB.

Salah seorang pegawai Pemkot Sukabumi, Dila Novianti, mengatakan momen Ramadhan ini memang memang digiatkan tadarus Alquran di lingkup Pemkot Sukabumi. Hal ini dinilai dapat meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT.‘’ Suasana Ramadhan menjadi lebih khidmat,’’ cetus Dila. 

 

 

 

Terpopuler