Mau Berpuasa, Enes Kanter Minta Saran Hakeem Olajuwon

Rep: Umi Soliha/ Red: Agung Sasongko

Rabu 08 May 2019 17:21 WIB

Pebaskett Portland Trail Blazers Enes Kanter (kiri) dan pebasket Oklahoma City Thunder Oklahoma Steven Adams (kanan) pada paruh pertama dari seri playoff putaran pertama bola basket NBA. Foto: AP/Craig Mitchelldyer Pebaskett Portland Trail Blazers Enes Kanter (kiri) dan pebasket Oklahoma City Thunder Oklahoma Steven Adams (kanan) pada paruh pertama dari seri playoff putaran pertama bola basket NBA.

REPUBLIKA.CO.ID,  DENVER -- Pebasket asal Turki, Enes Kanter komit menjalankan puasa meski tengah menjalani jadwal padat sebagai pebasket profesional. Apalagi tim yang dibelanya, Portland Trail Blazers tengah menjalani babak playoff.

Ia pun meminta masukan kepada legenda NBA, Hakeem Olajuwon soal bagaimana tetap berpuasa meski tetap bertanding.

"Saya mengirim pesan singkat ke Hakeem [Olajuwon], karena saya bertemu dengannya kurang dua tahun lalu dan saya tahu pada saat itu ia tetap berpuasa sambil bermain.  Saya pikir itu tahun 1995, ketika dia memenangkan MVP di babak playoff. Tapi saya mengirim pesan singkat kepadanya dan berkata, 'Hei, bagaimana Anda berpuasa di bulan Ramadhan dan bermain di level yang sangat tinggi?," kata Kanter.

Kanter mengatakan, Olajuwon memberinya beberapa tips seputar puasa mulai dari apa yang dia makan ketika sahur sampai berapa banyak air yang dia minum agar bisa kuat menjalankan puasa.

Bagi Kanter tips dari Olajuwon sangat penting baginya apalagi ia masih harus mengkonsumsi obat untuk penyembuhan bahu kirinya."Saya minum obat jam 4 pagi dan saya akan minum obat lagi tepat sebelum pertandingan, karena saya bisa berbuka puasa sebelum pertandingan dan aku baik-baik saja," kata Kanter.

Pertadingan yang lalu, Selasa (7/5)  dimulai pukul 8.30 malam waktu setempat di Denver sedangkan waktu berbuka puasa pukul 8:06 malam. Itu artinya Kanter yang tengah masa pemulihan cidera bahu kirinya, dapat makan, minum dan minum obat sebelum pertandingan.

Kanter berpuasa setiap tahun selama musim reguler "sekali atau dua kali seminggu" untuk mempersiapkan tubuhnya untuk Ramadhan. Dia tidak pernah khawatir pusanya mempengaruhi permainannya. Dia juga mengatakan, pelatihnya sangat menghormati keyakinan dan apa yang ia lakukan.

Olajuwon adalah idola yang menginspirasinya meakipun berpuasa ia bisa menghasilkan angka yang lebih baik di beberapa musim saat puasa. "Mengenai puasa, itu adalah pola pikir spiritual yang memberi Anda stamina yang diperlukan untuk bermain," kata Olajuwon kepada Marc J tahun 2017.

Ia juga mengatakan, melalui rahmat Allah, dia selalu merasa lebih kuat dan lebih energik selama Ramadhan. Kanter pun mempunyai keyakinan yang sama, menurutnya puasa justru memberikan getaran yang positif dan tuturnya apa yang ia lakukan hanya untuk Tuhannya, sehingga Tuhan akan membantunya.

"Tidak masalah apa status Anda, apa posisi Anda, saya hanya ingin memberi contoh bagi generasi. Karena itu sangat penting bagi mereka untuk mengikuti agama mereka,"ujarnya.

Menurutnya,  sangat luar biasa mendapatkan saran - saran dari sang legenda. Ia juga menginginkan di masa yang akan datang bisa menjadi seperti Hakeem yang bisa memberikan sarannya kepada generasi yang lebih muda.

Terpopuler