Takjil Paket Kolak di Ambon Diserbu Pembeli

Red: Christiyaningsih

Rabu 08 May 2019 17:19 WIB

Penjual aneka kolak dan minuman melayani pembeli . Ilustrasi. Foto: Republika/Edi Yusuf Penjual aneka kolak dan minuman melayani pembeli . Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, AMBON -- Jajanan berbagai jenis kolak untuk berbuka puasa di pasar kaget Kota Ambon, Maluku ramai dikunjungi pembeli. Di Jalan Sultan Babullah yang bersebelahan dengan Masjid Raya Alfatah, pedagang yang berjualan kolak sibuk melayani pembeli.

"Sudah terbiasa berbuka bersama di rumah dengan hidangan kolak serabi. Jadi sejak awal berbuka puasa bersama keluarga kami harus membeli kolak," kata warga Waihaong bernama Amida.

Baca Juga

Menurut Amida kolak serabi rasanya enak. Kolak yang dibeli bukan hanya satu macam tetapi dibeli per paket. Setiap paket terdiri dari tiga hingga empat jenis kolak yakni kolak, pisang, kacang hijau, beras ketan, dan es palu butung.

Dia mengatakan harga satu kolak jenis kolak adalah Rp 10 ribuper porsi. Sedangkan jika membeli per paket harganya hanya Rp 15 ribu.

Pembeli lain bernama Afras juga membeli paket kolak sebanyak empat paket. Ia mengatakan sejak kemarin kolak dijadikan sebagai menu buka puasa di rumah bersama keluarga. "Jadi sudah terbiasa dengan hidangan yang satu ini. Sebagian besar masyarakat Kota Ambon yang menjalani ibadah puasa menggemari kolak sebagai hidangan buka di rumah," katanya.

Tini warga Dusun Ahuru, Karang Panjang, Kecamatan Sirimau, yang menjual berbagai jenis kolak mengaku dirinya sudah berada di lokasi penjualan sejak pukul 14.30 WIT. Ia menggelar dagangan berbagai jenis kolak masakannya yang digemari pembeli.

"Ada empat macam kolak yakni pisang, kacang hijau, es palu butung, dan pulut hitam dengan harga masing-masing Rp 10 ribu per porsi. Tetapi banyak pembeli yang menginginkan dalam bentuk paket," ujarnya. Per paket seharga Rp 15.000 ribu diisi dengan tiga hingga empat macam kolak sesuai permintaan para pembeli.

Selain kolak, ada juga berbagai macam kue yang ditawarkan di sepanjang Jalan Babullah. Pembelu bisa memilih panakuk, mendud, janda, panada, bolu kukus, cucur, dan gogos yang masing-masing dijual Rp 5 ribu per empat buah.

Terpopuler