Purwakarta Siapkan 150 Ton Beras untuk Bazar Ramadhan

Rep: Ita Nina Winarsih/ Red: Dwi Murdaningsih

Rabu 08 May 2019 15:25 WIB

Bazar pasar Bendugan Hilir (Benhil) di Tanah Abang, Jakarta Pusat, Selasa, (7/5). Foto: Republika/Nugroho Habibi Bazar pasar Bendugan Hilir (Benhil) di Tanah Abang, Jakarta Pusat, Selasa, (7/5).

REPUBLIKA.CO.ID, PURWAKARTA -- Pemkab Purwakarta melalui Dinas Pangan dan Pertanian, menyiapkan 150 ton beras medium untuk bazar murah selama Ramadhan. Sebab, ada 12 kecamatan yang menyelenggarakan bazar murah. Dari kegiatan itu, salah satu yang dijual dengan harga dibawah pasaran, yaknj beras dengan kualitas medium.

Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Purwakarta, Agus Rachlan Suherlan, mengatakan, pihaknya telah menggandeng tiga pengembangan usaha pangan masyarakat (PUPM) untuk menyediakan beras. Dari masing-masing PUPM, siap mendistribusikan beras medium sebanyak 50 ton. Jadi, dengan tiga PUPM ini, beras yang tersedia untuk bazar murah mencapai 150 ton.

Baca Juga

"Animo masyarakatnya sangat positif. Setiap kali bazar, beras yang terjual mencapai 900 kilogram," ujar Agus, kepada Republika.co.id, Rabu (8/5).

Menurut Agus, bazar murah ini salah satu tujuannya untuk menyetabilkan harga. Mengingat, memasuki bulan puasa sampai menjelang lebaran, harga-harga bahan pangan di pasaran melonjak tajam. Salah satunya, saat ini yang ramai diperbincangkan, soal mahalnya harga bawang putih.

Dalam bazar itu, masyarakat bisa membeli sejumlah bahan pangan. Mulai dari beras, terigu, gula pasir, minyak sayur, telur, daging sapi beku, sayuran sampai gas elpiji tiga kilogram.

Soal harga, tentunya jauh lebih murah. Sebab, sambung Agus, bahan pangan yang tersedia itu langsung dari distributornya. Bahkan, dari produsennya. Seperti, sayuran yang dijual dalam kegiatan bazar, merupakan langsung dari petaninya.

Untuk harga beras medium ini, lanjut Agus, mencapai Rp 8.500 per kilogram. Sedangkan, daging sapi beku, Rp 75 ribu per kilogram. Minyak goreng Rp 11 ribu per kilogram, gula pasir Rp 11 ribu per kilogram. Sedangkan, telur ayam harganya Rp 20 ribu per kilogram.

Sementara itu, Sekda Purwakarta Iyus Permana, mengatakan, awal puasa bazar murah sudah digelar di halaman Bale Indung Rahayu. Saat ini, ada 12 kecamatan yang siap menyelenggarakan bazar tersebut sampai menjelang lebaran mendatang.

"Kami harap, warga bisa membeli bahan pangan di bazar murah ini. Supaya, biaya yang dikeluarkan lebih terminimalisasi," ujarnya.

Terpopuler