Sambut Ramadhan, SMP Bina Insani Gelar Tabligh Akbar

Red: Irwan Kelana

Rabu 08 May 2019 10:51 WIB

SMP Bina Insani menggelar tabligh  akbar dalam rangka menyambut Ramadhan 1440 H. Foto: Dok SBBI SMP Bina Insani menggelar tabligh akbar dalam rangka menyambut Ramadhan 1440 H.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR – SMP Bosowa Bina Insani menggelar tarhib Ramadhan di Masjid Al-Ikhlas Bosowa Bina Insani, Bogor, Jawa Barat, Jumat (3/5). Kegiatan menyambut (tarhib) Ramadhan 1440 H itu dikemas dalam acara tabligh  akbar yang mengusung tema "Menyambut Ramadhan dengan Iman" bersama Ustaz Hamdi Solah Al-Bakry, Lc  Hafizhahullah.

“Seluruh siswa kelas 7 dan 8 mengikuti kegiatan ini dengan tertib. Mereka diharuskan membuat resumenya,” kata Kepala SMP Bosowa Bina Insani, Haposan Andy dalam rilis yang diterima Republika.co.id.

Dalam kesempatan tersebut, Ustaz Hamdi Solah mengungkapkan beberapa keistimewaan bulan Ramadhan.  Pertama, keberkahan.  “Bulan Ramadhan adalah adalah bulan yang penuh kebaikan yang banyak, bertambah, dan tak akan habis,” ujarnya.

Kedua, pada bulan Ramadhan, terdapat ibadah yang paling agung, yaitu berpuasa. Ketiga, pada bulan Ramadhan, Allah membuka semua pintu surga, dan menutup seluruh pintu neraka.

photo
Ustaz Hamdi Solah Al-Bakry mengungkapkan beberapa keistimewaan bulan Ramadhan.

Keempat, pada bulan Ramadhan, seluruh setan dibelenggu. “Mengapa masih ada perbuatan jahat dan keji padahal setan dikurung? Hal ini disebabkan  manusia memiliki hawa nafsu,” tutur pembina Ma'had Imam Muzani Bogor.

Keistimewaan kelima bulan Ramadhan, kata Hamdi, Allah  SWT setiap hari membebaskan umat-Nya dari api neraka.

Hamdi juga menyebutkan, ada dua jenis dosa. Pertama, dosa yang berhubungan dengan Tuhan. “Untuk menghilangkan dosa yang berhubungan dengan Tuhan adalah bertaubat. Bertaubat adalah tidak mengulangi dosa tersebut dan menjauhkan diri dari taubat tersebut,” tegasnya.

Kedua, dosa yang berhubungan dengan manusia. “Menghilangkan dosa yang berhubungan dengan manusia adalah bertaubat dan meminta maaf  kepada orang yang bersangkutan,” paparnya.

SMP Bosowa Bina Insani merupakan salah satu unit yang berada di bawah Sekolah Bosowa Bina Insani (SBBI). SBBI juga mengelola KB-TK, SD dan SMA. Baik program regular maupun internasional, full day maupun berasrama.

 

 

 

Terpopuler