Fitur Baru Line untuk Temani Ibadah Puasa Ramadhan

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Hasanul Rizqa

Rabu 08 May 2019 01:21 WIB

Aplikasi Line (ilustrasi) Foto: wikipedia.org Aplikasi Line (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Aplikasi Line meluncurkan fitur baru untuk menemani kaum Muslimin selama beribadah puasa Ramadhan. Fitur itu dinamakan "Line Ramadan." Tujuannya menghadirkan beragam konten seru dan edukatif seputar Ramadhan. Hal itu disampaikan Managing Director Line Indonesia, Dale Kim.

Dia menjelaskan, pihaknya kali ini mengambil tema "Jurus Lebih Teladan (Julit)" dengan tanda pagar (tagar) #SaatnyaJulit. Terdapat tiga konten utama yang disuguhkan, meliputi "Julit Ramadan", "Rejeki Anak Soleh", serta "Baca Petunjuk Ramadan (Baper)."

Baca Juga

Lebih lanjut, Kim menjelaskan, pihaknya berharap fitur teranyar itu dapat membantu pengguna menjadi individu yang lebih baik di Ramadhan. Sebelumnya, Line telah merilis chatbot Ramadhan pada 2018 lalu. Karena itu, sambung dia, kini Line lebih fokus pada memperkaya konten.

"Kami merancang fitur 'Line Ramadan' sedemikian rupa untuk memberikan pengalaman berpuasa yang seru, namun juga penuh makna untuk para pengguna," ungkap Dale Kim lewat pernyataan resminya, Selasa (7/5).

Fitur itu bisa diakses melalui menu "Line Ramadan" dengan mengeklik "more tab" di aplikasi Line. Kim meminta pengguna untuk mengaksesnya via aplikasi (app) Line, alih-alih situs web, supaya mereka mendapatkan konten yang lebih lengkap

Dale menjelaskan, konten "Julit Ramadan" memungkinkan pengguna memiliki misi tertentu selama bulan suci. Ada notifikasi dan pembaruan berkala terkait misi. Di akhir bulan, pengguna akan menerima Rapor Ramadan" yang merangkum semua aktivitasnya.

Sementara, konten "Rejeki Anak Soleh" yang memberikan kuis pilihan ganda seputar Ramadhan. Jika menjawab dengan benar, pengguna akan mendapatkan poin yang bisa dikumpulkan untuk mendapatkan hadiah menarik setiap pekan.

Konten selanjutnya, "Baca Petunjuk Ramadan (Baper)" berisi tujuh pesan seputar Ramadhan yang variatif. Masing-masing informasi dibawakan selebritas Muslim dan Muslimah populer seperti Cinta Laura, Amanda Rawles, Sivia Azizah, dan Ari Irham.

"Line Ramadan" juga menghadirkan konten harian yang bisa membantu kelancaran beribadah puasa, seperti jadwal dan alarm shalat. Konten menarik lain adalah Promo Ramadan yang menyediakan berbagai promosi dari merek-merek terkenal.

"Kami berharap fitur "Line Ramadan" dapat melengkapi pengalaman berpuasa dan memberikan makna lebih untuk para pengguna kami," kata Dale.

Terpopuler