Polres Padang Pariaman Siapkan Pos Pengamanan Jalur Mudik

Rep: Febrian Fachri/ Red: Reiny Dwinanda

Selasa 07 May 2019 15:48 WIB

Polres Padang Pariaman saat upacara saat operasi keselamatan lalu lintas. Foto: dok. Istimewa Polres Padang Pariaman saat upacara saat operasi keselamatan lalu lintas.

REPUBLIKA.CO.ID, PARIAMAN -- Kapolres Padang Pariaman AKBP Riski Nugroho mengatakan, pihaknya telah menyiapkan pos-pos pegamanan di sepajang jalur mudik Idul Fitri 1440 H. Kapolres menjelaskan, fokus pengamanan arus mudik ada pada jalur dari Kota Padang menuju Bukittinggi, Payakumbuh, dan Pekanbaru.

“Fokus dititikberatkan pada pengamanan pemudik yang datang dengan menggunakan pesawat terbang dan yang melintasi jalur lintas Sumatra dari arah Padang menuju Padang Panjang maupun sebaliknya," kata Kapolres, kepada Republika.co.id, Selasa (7/5).

Kapolres mengungkapkan bahwa Polres Padang Pariaman melakukan perencanaan kegiatan penempatan pos-pos pengamanan untuk mempermudah pemudik ataupun pengguna jalan. Petugas akan memastikan pemudik selalu dalam kondisi aman, selamat, tertib dan lancar berlalu lintas di jalan raya.

Menurut Kapolres, pos-pos pengamanan akan berada di pengamanan sekitar simpang Bandara Internasional Minangkabau, sekitar pasar Lubuk Alung, dan sekitar jembatan darurat di Batang Kalu Nagari Kayu Tanam. Disamping itu, Polres Padang Pariaman berencana menempatkan pos-pos pantau kepadatan arus lalu lintas yang berada pada polsek-polsek terdekat sepanjang jalur lintas Sumatera dari arah Padang menuju Padang Panjang, yaitu Pos Pantau Polsek Batang Anai, Pos Pantau Pasar Sicincin, dan Pos Pantau Malibou Anai.

Polres Padang Pariaman menurunkan sekitar dua pertiga jumlah personel ditambah kerja sama dengan para pemangku kepentingan untuk bersama menjaga dan mengamankan pelaksanaan liburan Idul Fitri 2019.

“Dengan adanya kebersamaan dalam bertugas tentunya diharapkan tercapai kesuksesan melalui kebersamaan diimbangi dengan berdoa memohon perlindungan Allah Subhanahu Wa Ta’alaa setiap aktivitas kegiatan pengamanan lebaran 2019 Polres Padang Pariaman," ujar Kapolres.