Semarak Ramadhan, Baznas Bantu Anak Yatim dan Dhuafa

Rep: Fuji Eka Permana/ Red: Hasanul Rizqa

Selasa 07 May 2019 15:42 WIB

Tim Layanan Aktif Baznas bantu 100 anak yatim di Yayasan Yatim Piatu Nurul Iman Jafariyah dan Dhuafa di Jalan Menteng Raya, Kelurahan Menteng, Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat pada Senin (6/5). Foto: Dok Baznas Tim Layanan Aktif Baznas bantu 100 anak yatim di Yayasan Yatim Piatu Nurul Iman Jafariyah dan Dhuafa di Jalan Menteng Raya, Kelurahan Menteng, Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat pada Senin (6/5).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) melalui tim Layanan Aktif Baznas (LAB) membantu 100 anak yatim di Yayasan Yatim Piatu Nurul Iman Jafariyah. Selain itu, pihaknya juga membagikan donasi untuk kaum dhuafa di sekitar Jalan Menteng Raya, Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat, Senin (6/5).

Hal itu dikabarkan kepala program Layanan Aktif Baznas, Iskandar. Dia menuturkan, membantu anak-anak yatim dan dhuafa merupakan rangkaian program Baznas sepanjang Ramadhan tiap tahun.

Baca Juga

Selain itu, lanjut dia, Baznas juga membagi-bagikan paket makanan-minuman untuk berbuka puasa kepada mereka. Donasi itu bertajuk "Hidangan Berkah Ramadhan" (HBR).

"Hari Ramadhan pertama ini Baznas memberikan pelayanan kepada anak yatim dan dhuafa di kawasan Menteng dengan menyalurkan paket hidangan berkah Ramadhan," kata Iskandar kepada Republika.co.id, Selasa (7/5).

Ia menjelaskan, paket HBR disalurkan dengan kemasan yang dapat dimanfaatkan kembali (reusable). Tujuannya supaya dapat mengurangi produksi sampah serta mendukung kelestarian lingkungan.

photo
Tim Layanan Aktif Baznas bantu 100 anak yatim di Yayasan Yatim Piatu Nurul Iman Jafariyah dan Dhuafa di Jalan Menteng Raya, Kelurahan Menteng, Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat pada Senin (6/5).

Ia menambahkan, Baznas juga mengisi berbagai acara di Yayasan Yatim Piatu Nurul Iman Jafariyah. Dengan begitu, anak-anak yatim piatu di sana dapat kian termotivasi menjalani Ramadhan. Di antara kegiatan itu adalah, hafalan Alquran, games dan lomba ceramah.

Adapun yang menyasar kaum dhuafa, tutur Iskandar, pihaknya berharap dapat meringankan beban orang-orang yang sehari-hari hidup di jalan. Program HBR menyediakan hidangan untuk berbuka puasa dan sahur bagi para mustahik di lingkungan penduduk miskin. Hal itu bertujuan agar mereka dapat menjalankan ibadah puasa dengan penuh keberkahan.

"Baznas memiliki target sasaran sekitar 10 ribu dhuafa di sekitar Jabodetabek."

Terpopuler