5 Soal Sederhana Berikut Jawabannya Ihwal Puasa untuk Awam

Rep: Nugroho Habibi/ Red: Nashih Nashrullah

Selasa 07 May 2019 03:30 WIB

Ilustrasi Ramadhan Foto: Pixabay Ilustrasi Ramadhan

REPUBLIKA.CO.ID, Bagi non-Muslim ketaatan dalam menjalankan puasa di bulan Ramadhan cukup sulit dimengerti. Beberapa pertanyaan seputar puasa dan bulan Ramadhan seringkali muncul. Dikutip dari Aljazeera, Senin (6/5),  terdapat lima pertanyaan yang acapkali ingin ditanyakan. Berikut pertanyaan sekaligus jawabannya:  

 

Baca Juga

Apa itu Ramadhan? 

Ramadhan merupakan bulan kesembilan dalam kalender lunar khusus Muslim. Umat Islam yang sudah baligh diwajibkan untuk berpuasa Ramadhan dari terbitnya fajar hingga terbenamnya matahari.  

Selama Ramadhan, umat Islam bangun pagi sebelum shubuh untuk makan  sahur. Selanjutnya, umat Islam diperbolehkan makan kembali pada saat terbenamnya matahari yang disebut sebagai berbuka puasa.

Kapan Saat Ramadhan? 

Kalender Ramadhan setiap tahun berubah karena terjadi pergeseran tanggal pada kalender Masehi sekitar 11 hari per tahun. Sehingga penentuan hari pertama Ramadhan mengikuti fase bulan, sedangkan kalender Masehi mengikuti perputaran matahari.  

Tahun ini, matahari terbenam 6 Mei sehingga menjadi awal 1 Ramadhan berdasarkan perhitungan astronomi. Dihitung ketika bulan sabit telah terlihat dengan mata telanjang.

Berapa lama Ramadhan?

Bulan Ramadhan berlangsung antara 29 hingga 30 hari, tergantung pada saat bulan terlihat. Jika bulan tidak terlihat pada malam hari ke-29 maka Ramadan berlangsung selama 30 hari penuh.

Selanjutnya, Umat Islam merayakan hari kemenagan setelah menjalankan ibadah puasa. Hal itu ditandai dengan perayaan Idul Fitri sebagai akhir  Ramadhan. 

Mengapa umat Islam berpuasa selama Ramadhan?

Puasa merupakan salah satu dari lima rukun Islam. Ada juga ayat dalam Alquran yang mengatur puasa bagi semua Muslim yang sudah baligh dan sehat untuk menunaikan ibadah itu. 

Jadi umat Islam berpuasa sebagai bagian dari ibadah, kesempatan untuk lebih dekat dengan Allah SWT, dan cara untuk menjadi lebih berbelas kasih kepada sesama yang membutuhkan. Selain itu, berpuasa juga dipandang sebagai cara untuk belajar kesabaran dan menghentikan kebiasaan buruk.

Kapan Ramadhan berakhir?  

Senin 3 Juni 2019, akan menjadi hari Ramadhan yang ke-29 bagi sebagian besar negara Muslim di Timur Tengah. Negara-negara ini akan mencari bulan lebaran malam itu. 

Jika dilihat, hari pertama Idul Fitri akan diamati pada hari Selasa, 4 Juni. Jika tidak, puasa Ramadhan akan berlangsung selama 30 hari dan Idul Fitri akan dirayakan pada hari Rabu, 5 Juni. Di Indonesia, penentuan awal Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri umumnya menggunakan dua cara, yakni hisab dan rukyat. 

 

Terpopuler