Dompet Dhuafa akan Grebek 114 Kampung Selama Ramadhan

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Gita Amanda

Ahad 05 May 2019 16:00 WIB

Dompet Dhuafa Dompet Dhuafa

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sejumlah program-program dalam satu kesatuan tema #JanganTakutBerbagi, telah dipersiapkan Dompet Dhuafa untuk menghadapi hari pertama puasa esok hari. Masyarakat harus bersiap-siap juga untuk mendapatkan manfaat dari salah satu program Dompet Dhuafa yakni Grebek Kampung.

Setidaknya akan ada 114 kampung di seluruh Indonesia, yang akan digrebek oleh Dompet Dhuafa dimana kampung-kampung itu telah diseleksi yang memang mayoritas masyarakatnya mustahik. Untuk wilayah Jabodetabek sendiri ada tiga kampung yang akan digrebek, yakni di wilayah Bogor, Bekasi, dan Tangerang.

Baca Juga

“Jadi, Grebek Kampung ini sebenarnya event yang kita desain untuk hadir di komunitas kampung yang kita pilih memang kampung yang mayoritas mustahik,” papar Ketua Program Ramadhan Dompet Dhuafa, Udhi Tri Kurniawan, saat dihubungi Republika.co.id Ahad (5/5).

Di luar dari tiga wilayah tersebut, semuanya berada di luar Jabodetabek untuk paling ujung barat ada di Sumatera Utara, dan paling timur ada di Sulawesi Selatan. Aktivitas yang dilakukan ini berkaitan dengan dakwah, dimana akan ada tabligh akbar di kampung tersebut.

Kemudian, ada juga revitalisasi mushola yakni bersih-bersih masjid, karena tempat ibadah harus nyaman selama ibadah Ramadhan bagi masyarakat di kampung tersebut. “Kita juga adakan bukber, aksi layanan sehat, termasuk santunan anak yatim,” jelas Udhi.

Dompet Dhuafa hadir dalam Grebek Kampung juga dengan mengimplementasikan beberapa program lainnya, yang diharapkan dapat memberi kebahagiaan bagi masyarakat kampung yang dikunjungi. Hari pertama Grebek Kampung akan dilakukan di luar jabodetabek, yakni di salah satu kampung di Riau.

“Ini menjadi wilayah pertama yang kita lakukan dalam event Grebek Kampung. Nanti yang lain menyusul,” tutup Udhi.

Terpopuler