Ribuan Umat Muslim di Medan Gelar Pawai Obor Sambut Ramadhan

Red: Israr Itah

Ahad 05 May 2019 00:01 WIB

Pawai Obor (ilustrasi) Foto: Antara/Iggoy el Fitra Pawai Obor (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN -- Ribuan umat Muslim di Kota Medan, Sumatra Utara menggelar pawai obor pada Sabtu (4/5) malam. Ini merupakan tradisi tahunan dalam menyambut datangnya bulan suci Ramadhan.

Sebelum pawai, massa yang tergabung dalam Gerakan Nasional Pengawal Fatwa (GNPF) Sumatra Utara, melaksanakan ibadah shalat Isya berjamah di Masjid Raya Al-Mashun Medan, di Jalan Sisingamangaraja. Pawai obor yang direncanakan akan berlangsung pada pukul 20.30 Wib ini terpaksa ditunda karena hujan lebat. Pantauan di lapangan hingga larut malam, puluhan orang tak pandang usia, tua, muda hingga balita terus berdatangan untuk mengikuti aksi tersebut. 

Baca Juga

Salah satu peserta pawai, Lia mengaku senang dapat menjadi bagian dari aksi ini. Wanita yang berusia 20 tahun ini berharap aksi serupa dapat terus digelar setiap tahunnya.

"Ini merupakan bentuk rasa syukur dan mempererat tali silaturahim antara kaum muslimin yang sebentar lagi akan melaksanakan ibadah puasa bersama-sama," katanya kepada Antara.

Sambil menunggu hujan, ribuan massa terus mengumandangkan takbir dan melantunan nyanyian dan shalawat. Rute pawai obor ini dimulai dari Masjid Raya Al-Mashun menuju Lapangan Merdeka, lalu kemudian kembali ke Masjid Raya Al-Mashun.