Jasa Marga Siapkan 16 Rest Area di Tol Jakarta-Cikampek

Rep: Febryan A./ Red: Ani Nursalikah

Sabtu 04 May 2019 13:32 WIB

Rest area di kawasan Ciaseum, Cikampek, Jawa Barat, Sabtu (9/6). Foto: Republika/Iman Firmansyah Rest area di kawasan Ciaseum, Cikampek, Jawa Barat, Sabtu (9/6).

REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI -- PT Jasa Marga cabang Jakarta-Cikampek (Japek) akan menyiapkan 16 rest area dan tempat parkir di sepanjang ruas tol tersebut selama musim mudik dan arus balik 2019.

"Pelayanan di rest area mendapat perhatian yang sangat besar dari masyarakat, jadi perlu terus kita jaga dan tingkatkan kualitas layanannya," kata General Manajer PT Jasa Marga cabang Jakarta-Cikampek, Raddy R Lukman, Sabtu (4/5).

Baca Juga

Raddy memaparkan, rest area mengarah ke Cikampek terdapat di kilometer 19, 33, 39, 50, dan 57. Sedangkan lokasi parkir berada di kilometer 18, 41, dan 58. Untuk jalur arus balik atau menuju arah Jakarta, rest area berada di kilometer 71, 62, 52, 42, 32, dan 6. Sedangkan titik parkir di kilometer 59 dan 34.

"Kami juga menyiapkan papan informasi menjelang pintu masuk rest area," kata Raddy.

Dengan adanya papan informasi melalui Variable Massage Sign (VMS), pengguna jalan bisa mengetahui rest area yang longgar. Hal itu dilakukan untuk menghindari penumpukan kendaraan di pintu masuk rest area yang bisa menyebabkan penyempitan lajur.

"Misalnya jika di rest area awal penuh, pengguna jalan bisa menentukan rest area berikutnya untuk istirahat," ujar Raddy.

Dia menambahkan, jelang musim mudik Lebaran, Departemen Community Development Program juga menyerahkan bantuan dengan total mencapai lebih dari Rp 100 juta untuk tiga rest area, berupa tempat sampah besar, alat-alat kebersihan, dan perlengkapan mushala seperti karpet, mukena, sarung, dan sajadah.

Terpopuler