Persiapan Ramadhan di Rumah Tantri 'Kotak'

Rep: Desy Susilawati/ Red: Reiny Dwinanda

Jumat 03 May 2019 15:51 WIB

Tantri kotak Foto: Republika/Desy Susilawati Tantri kotak

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Seperti ibu-ibu lainnya, Tantri Syalindri Ichlasari, juga bersemangat menyambut datangnya Ramadhan. Vokalis band Kotak itu ingin mengamankan pasokan bahan kebutuhan rumah tangganya selama bulan puasa.

"Saya sama seperti ibu-ibu lainnya, nyiapin sembako, karena kalau mendekati bulan Ramadhan mahal," ujarnya.

Baca Juga

Selain itu, Tantri juga menyiapkan mentalnya. Waktu istirahatnya akan berkurang saat Ramadhan.

"Biasanya bangunya pas lagi Subuh, nanti bangun harus jam satu atau jam dua dini hari untuk menyiapkan sahur," ungkapnya.

Tantri juga menyiapkan diri andaikan anandanya Kara yang masih berumur tiga tahun ikut terbangun saat sahur. Dia harus menemani Kara bermain sampai pagi.

"Biasanya habis sahur, shalat dulu, terus tiduran," kata Tantri.

Untuk makan sahur di awal Ramadhan, Tantri belum terpikir menunya. Namun, mengingat suaminya sangat menyukai ayam, ia mengatakan olahan daging ayam akan terhidang di meja makan keluarganya.

Selain masak untuk sahur, Tantri juga menyiapkan makan untuk Kara. Ia pun menyiapkan menu berbuka puasa.

Tradisi di keluarga Tantri adalah berbuka dengan gorengan, namun diawali dengan yang manis termasuk kurma. Saat bedug Maghrib terdengar, anaknya Kara juga ikut heboh dan turut menyantap hidangan berbuka puasa.

Mengurangi aktivitas nyanyi

Di luar kesibukannya sebagai istri dan ibu, Tantri juga masih aktif sebagai penyanyi. Dia masih memiliki agenda nyanyi bersama Band Kotak selama bulan puasa.

"Ramadhan masih nyanyi di beberapa acara, tapi tidak sepadat biasanya. Pengennya sebisa mungkin pas Ramadhan memperbanyak ibadah," kata Tantri.

Menurut Tantri, ia dan bandnya akan lebih banyak di studio selama Ramadhan tahun ini. Mereka tengah mempersiapkan album baru yang akan dilepas akhir tahun ini.

"Untuk penawaran banyak. Acara tidak mungkin satu-dua di Indonesia. Cuma balik lagi, kami filter juga. Kami punya keluarga dan Ramadhan juga. Bulan di mana orang berlomba supaya dapat berkah. Saya dan anak-anak Kotak janjian, Ramadhan ambil acara di wiken saja, sisanya studio. Kalau hanya kerja di studio, kami bisa lebih fokus ibadah," ujarnya.

Kotak juga memiliki agenda tetap saat Ramadhan. Mereka mengadakan buka puasa bersama dengan yatim piatu dan sahur on the road dengan keluarga Kotak.

Terpopuler