Terminal Cicaheum Prediksi Lonjakan Arus Balik Sabtu-Ahad

Red: Yudha Manggala P Putra

Jumat 22 Jun 2018 16:45 WIB

Suasana Terminal Cicaheum, Jalan Ahmad Yani, Bandung, Senin (11/6). Foto: Republika/Hartifiany Praisra Suasana Terminal Cicaheum, Jalan Ahmad Yani, Bandung, Senin (11/6).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Kepala Terminal Cicaheum, Kota Bandung, Jawa Barat, Roni Hermanto, memprediksi lonjakan penumpang arus balik Lebaran 2018 akan terjadi pada Sabtu (23/6) dan Ahad (24/6). Hingga Jumat siang ini lonjakan belum terlihat.

"Kami perkirakan arus balik di Terminal Cicaheum terjadi pada besok (Sabtu) dan hari Minggu," ucap Roni Hermanto saat ditemui di Terminal Cicaheum Bandung, Jumat.

Dikatakan, pada hari ini (Jumat) hingga pukul 11.00 WIB belum terlihat adanya lonjakan arus balik di Terminal Cicaheum Kota Bandung. "Kami memprediksi arus mudik ramai pada sore hari ini," kata dia.

Menurut dia dari H+1 sampai H+5 Lebaran 2018 tercatat sudah ada 11 ribu penumpang yang tiba di Terminal Cicaheum.

Sementara itu, terhitung selama H-7 Lebaran sampai H+5 Lebaran 2018 atau hari ini, ada sekitar 44 ribu penumpang yang berangkat mudik dari Terminal Cicaheum menggunakan bus antar kota dan antar provinsi.

Untuk arus mudik tahun ini Terminal Cicaheum menyediakan 83 unit bus antar kota dalam provinsi, 108 unit antar kota dan provinsi, ditambah candangan dan tambahan 30 unit. "Jadi kami mempersiapkan armada sejumlah 202 unit untuk melayani pemudik tahun ini," kata dia.

Pihaknya juga mengimbau kepada penumpang untuk tetap menjaga kesehatan dan tidak membawa barang yang mencolok yang akan mengundang tindak kenjahatan.