Pucak Arus Mudik di Bandara Syamsudin Noor Akhir Pekan Ini

Red: Andi Nur Aminah

Rabu 20 Jun 2018 21:49 WIB

Bandara Syamsudin Noor Foto: Edwin / Republika Bandara Syamsudin Noor

REPUBLIKA.CO.ID, BANJARMASIN -- Puncak arus balik penumpang melalui Bandar Udara Syamsudin Noor Banjarmasin, Kalimantan Selatan, diprediksi terjadi pada hari Sabtu (23/6) dan Ahad (24/6). General Manager PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara Syamsudin Noor Wahyudi di Banjarbaru, Rabu (20/6) mengatakan, prediksi itu karena masih banyaknya penumpang yang ingin menghabiskan liburannya.

"Prediksi kami, puncak arus balik terjadi pada Sabtu dan Ahad karena hari Senin seluruh aktivitas kantor baik negeri maupun swasta sudah dimulai sehingga penumpang datang satu dua hari sebelumnya," ujar dia.

Ia mengatakan, cuti bersama Idul Fitri memang berakhir Rabu. Tetapi diperkirakan bukan puncak arus balik meski pun pegawai negeri sudah masuk kerja mulai, Kamis (21/6).

Dia menjelaskan, kemungkinan besar para karyawan swasta melanjutkan masa liburan panjang hingga Sabtu dan Ahad sehingga tidak memilih balik ke Kalsel pada hari Rabu. "Puncak arus balik bagi pegawai negeri mungkin terjadi pada hari Rabu karena Kamis wajib masuk kantor tetapi bagi karyawan swasta mungkin memilih pulang pada Sabtu-Ahad," ucapnya.

Menurut dia, jumlah penumpang baik mudik maupun balik melalui Bandara Syamsudin Noor hingga Selasa (19/6) atau H+4 Idul Fitri mengalami kenaikan dibanding periode yang sama tahun lalu. Disebutkan, data posko lebaran 2018, jumlah penumpang yang berangkat dan datang sejak Kamis (7/6) atau H-8 Idul Fitri hingga hari Selasa (19/6) sebanyak 152.198 orang.

"Jumlah itu mengalami kenaikan sebesar 9,96 persen jika dibanding tahun sebelumnya. Dengan jumlah penumpang sebanyak 138.416 orang," ujarnya yang didampingi Manager Operasi Ruly Artha.

Ruly menambahkan, 150 ribu lebih penumpang itu terdiri atas penumpang berangkat sebanyak 90.061 orang naik 11,82 persen dan penumpang datang 62.137 orang atau naik 7,36 persen. "Puncak arus mudik terjadi pada H-6 atau Sabtu (9/6) dengan penumpang sebanyak 14.311 orang terdiri dari penumpang berangkat 8.310 orang dan datang 6.001 orang," katanya.

 

Terpopuler