Sistem Satu Arah Berlaku di Tol Cipali Hingga Cikarang Utama

Red: Nur Aini

Rabu 20 Jun 2018 16:51 WIB

Kendaraan pemudik arus balik melewati jalur satu arah yang diberlakukan di Jalur Tol Cipali, Cirebon, Jawa Barat, Selasa (19/6). Foto: Antara/Dhemas Reviyanto Kendaraan pemudik arus balik melewati jalur satu arah yang diberlakukan di Jalur Tol Cipali, Cirebon, Jawa Barat, Selasa (19/6).

REPUBLIKA.CO.ID, KARAWANG -- Petugas memberlakukan sistem satu arah (one way) dari Jalan Tol Cipali hingga Gerbang Tol Cikarang Utama, ruas Tol Jakarta-Cikampek pada H+4 Lebaran atau Rabu petang (20/6).

"Penerapan 'one way' dilakukan atas koordinasi dari Korlantas Polri," kata Kapolres Karawang AKBP Slamet Waloya di Karawang, Rabu.

Ia mengatakan, di Jalan Tol Jakarta-Cikampek wilayah hukum Polres Karawang, pihaknya sudah menyebar petugas untuk penerapan sistem "one way" dari Tol Cipali sampai ke Gerbang Tol Cikarang Utama. Para petugas disebar di sejumlah titik jalan tol. Mereka menyampaikan imbauan kepada pengendara yang berada di rest area jalur sebaliknya agar segera melanjutkan perjalanan menyusul dilakukannya one way.

Petugas Polres Karawang juga berjaga di Gerbang Tol Karawang Timur dan Karawang Barat serta Gerbang Tol Kalihurip. Para petugas di gerbang tol itu menutup pintu masuk gerbang tol tersebut.

Hal itu dilakukan karena selama one way, jalur menuju arah Cikampek dan sekitarnya ditutup. Selama one way, jalan Tol Jakarta-Cikampek hanya bisa dilalui kendaraan dari arah Cikampek menuju Jakarta dan sekitarnya.

Pengendara dari arah Jakarta menuju Cikampek dan sekitarnya diarahkan keluar gerbang tol terdekat untuk selanjutnya diarahkan melintasi jalan arteri. Sementara itu, informasi yang diperoleh dari pihak kepolisian setempat, sistem "one way" diberlakukan dari Cipali arah Jakarta hingga gerbang Tol Cikarang Utama.

Selanjutnya dari gerbang Tol Cikarang Utama ke arah Jakarta, pihak kepolisian bersama Jasa Marga melakukan rekayasa lalu lintas dengan menerapkan sistem lawan arus atau contra flow.

Terpopuler