Contra Flow Kembali Dilakukan di Tol Palikanci dan Cipali

Rep: Lilis sri handayani/ Red: Esthi Maharani

Rabu 20 Jun 2018 15:00 WIB

Pengendara mobil melewati jalur contraflow menuju Jakarta di Jalan Tol Jakarta-Cikampek KM 47, Karawang, Jawa Barat, Selasa (19/6). Foto: Antara/Hafidz Mubarak A Pengendara mobil melewati jalur contraflow menuju Jakarta di Jalan Tol Jakarta-Cikampek KM 47, Karawang, Jawa Barat, Selasa (19/6).

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON – Memasuki H+5, arus balik kendaraan yang melewati jalan Tol Palimanan – Kanci (Palikanci) dan Tol Cikopo – Palimanan (Cipali) masih cukup padat, Rabu (20/6). Petugas kepolisian pun kembali memberlakukan sistem contra flow dari arah Jateng menuju ke arah Jakarta.

Di Tol Palikanci, jajaran Polres Cirebon Kota bekerja sama dengan PJR dan Jasa Marga memberlakukan contra flow mulai dari KM 210 – KM 204 dari arah Jateng menuju ke arah Jakarta. Hal itu dikarenakan adanya kemacetan di rest area KM 208 yang hampir mencapai delapan kilometer.

‘’Karena itu kami lakukan contra flow sepanjang enam kilometer,’’ kata Kasat Lantas Polres Cirebon Kota, AKP Rezkhy Satya Dewanto, Rabu (20/6).

Rezkhy menyatakan, dengan adanya contra flow, kepadatan kendaraan mulai mencair.  Arus kendaraan dari arah Jateng menuju ke arah Jakarta bisa melaju dengan kecepatan rata-rata 80 km per jam.

Selain di Tol Palikanci, sistem contra flow juga diberlakukan di Tol Cipali KM 132 – KM 126 Kabupaten Indramayu. Sistem contra flow dilakukan juga karena adanya antrian di rest area KM 130.

Kapolres Indramayu, AKBP Arif Fajarudin mengatakan, antrean terjadi karena membludaknya kendaraan yang hendak beristirahat di rest area KM 130. Sedangkan kapasitas parkir yang ada terbatas hanya sekitar 300 kendaraan saja. Para pemudik yang hendak beristirahat pun harus menunggu giliran parkir.

‘’Situasi arus lalu lintas sangat padat namun masih bisa bergerak,’’ tandas Arif.

Terpopuler