Arus Balik, 28.058 Kendaraan Melintasi Tol Fungsional

Rep: Bowo Pribadi/ Red: Andri Saubani

Rabu 20 Jun 2018 13:52 WIB

Arus lalu lintas di ruas tol fungsional Kartasura- Salatiga terpantau ramai lancar di wilayah Susukan, Kabupaten Semarang, Selasa (19/6) malam. Arus balik Lebaran 1439 Hijriah di ruas tol fungsional ini terus mengalir pada H+4. Foto: Republika/Bowo Pribadi Arus lalu lintas di ruas tol fungsional Kartasura- Salatiga terpantau ramai lancar di wilayah Susukan, Kabupaten Semarang, Selasa (19/6) malam. Arus balik Lebaran 1439 Hijriah di ruas tol fungsional ini terus mengalir pada H+4.

REPUBLIKA.CO.ID, BOYOLALI -- Hari kedua arus balik di ruas tol fungsional Kartasura- Salatiga semakin lancar. Aparat kepolisian bersama dengan PT Jasamarga Solo Ngawi (JSN) memberlakukan dua lajur, di jalur darurat Kali Kenteng.

Kendaraan arus balik dapat melintas dua lajur di jalur darurat ini. Selama bisa dilalui dua lajur nyaris tidak terpantau penumpukan kendaraan yang cukup panjang, menjelang jalur darurat Kali Kenteng.

Bahkan, pada saat menuruni maupun mendaki elevasi  jalur darurat ini juga tidak ada penumpukan kendaraan. Semuanya tetap lancar.

"Arus lalu lintas menjadi lebih lancar karena tidak ada lagi penyempitan jalur di Kali Kenteng," ungkap Direktur Utama (Dirut) PT JSN, David Wijayatno, Rabu (20/6).

photo
Kendaraan melintas satu per satu menuruni tanjakan Kali Kenteng, di ruas tol fungsional Kartasura- Salatiga, Senin (18/6). Sistem buka tutup diberlakukan pada arus balik akibat penyempitan ruas tol fungsional tersebut.

David juga mengungkapkan, sepanjang Selasa petang hingga Rabu pagi, ruas tol fungsional Kartasura- Salatiga ini dapat dilalui tanpa buka tutup di interchange Colomadu. Kalau pun ada perlambatan karena kendaraan arus balik harus bergantian untuk melakukan tap in di gerbang menuju ruas tol operasional Salatiga-Semarang.

"Selebihnya, kendaraan arus balik akan bisa mengakses ruas tol operasional dengan lancar hingga tol Kota Semarang dan kembali melalui ruas fungsional Semarang- Pemalang," lanjutnya.

Sementara itu, masih jelas David, sepanjang H+4 Lebaran atau Selasa (19/6), mulai pukul 06.00 hingga Rabu pukul 06.00 WIB, ruas tol fungsional Kartasura-Salatiga dilalui 14.476 kendaraan arus balik. Selama dua hari dibuka untuk arus balik, akumulasi jumlah kendaraan yang melintas ruas tol fungsional ini total mencapai 28.058 kendaraan. Karena pada hari pertama arus balik ruas tol fungsional ini dilalui 14.032 kendaraan.

PT JSN memperkirakan arus balik di ruas tol fungsional Kartasura- Salatiga masih akan berlangsung pada Rabu hari ini. "Karena sebagian pemudik segera kembali berktivitas pada esok hari," tandasnya.

photo
Kendaraan melintas satu per satu menuruni tanjakan Kali Kenteng, di ruas tol fungsional Kartasura- Salatiga, Senin (18/6). Sistem buka tutup diberlakukan pada arus balik akibat penyempitan ruas tol fungsional tersebut.

Terpopuler