Goa Selomangleng Banyak Dikunjungi Wisatawan

Red: Yudha Manggala P Putra

Selasa 19 Jun 2018 12:57 WIB

Goa Selomangleng. Foto: Wikipedia Goa Selomangleng.

REPUBLIKA.CO.ID, KEDIRI -- Goa Selomangleng, Kediri, Jawa Timur, masih menjadi salah satu destinasi wisata yang banyak dikunjungi wisatawan selama Libur Lebaran 2018 ini. Tercatat jumlah pengunjung naik hingga 120 persen ketimbang hari biasa.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Kepemudaan, dan Olahraga Kota Kediri Nurmuhyar di Kediri, Selasa (19/6).  "Di libur Lebaran ini jumlah pengunjung naik bisa sampai 120 persen. Mereka berlibur menghabiskan waktu liburan dengan keluarga," kat Nurmuhyar.

Ia mengatakan, pemerintah sudah membuat berbagai macam program untuk memberikan tambahan hiburan pada pengunjung. Hiburan tersebut juga masih disesuaikan dengan ciri khas Goa Selomangleng, yang merupakan situs dan dilindungi, yakni dengan seni tradisional.

"Sesuai dengan segmen Goa Selomangleng, kami mengadakan seni tradisi di Kediri," ujarnya.

Walaupun jumlah pengunjung ke lokasi wisata Goa Selomangleng naik drastis saat libur Lebaran ini, pemerintah kota tidak menaikkan tarif masuk. Untuk tarif pengunjung yang dewasa adalah Rp 4 ribu per orang dan yang anak-anak adalah Rp 2 ribu per orang.

Menurut dia, tarif tersebut adalah tarif sesuai dengan peraturan daerah yang berlaku saat ini. Pemerintah masih belum membuat rancangan peraturan daerah yang baru, untuk wisata di Kediri termasuk mengubah tarif wisata masuk ke wisata Goa Selomangleng tersebut.

Namun, Nur mengaku tetap optimistis, pemasukan dari wisata ini bisa menyumbang untuk PAD Kota Kediri cukup tinggi. Selama ini, dari evaluasi yang telah dilakukan sumbangan PAD dari wisata ini tetap bisa memenuhi target. Pada 2018 ini, ditargetkan pendapatan bisa mencapai Rp 800 juta.

Pemerintah, kata dia, juga sudah memperbaiki beberapa fasilitas di lokasi wisata, agar pengunjung bisa lebih nyaman. Ada taman dengan bunga yang indah, yang bisa dimanfaatkan untuk sarana swafoto, kebun, tempat bermain, tempat berenang yang semakin sejuk, hingga gerai tentang cerita Panji.

Ada juga Musueum Airlangga yang berisi banyak benda bersejarah yang ditemukan di Kota Kediri. Berbagai macam patung disimpan di museum tersebut, sehinggga pengunjung terutama anak-anak juga bisa belajar tentang sejarah.

Pihaknya tetap menyiagakan personel petugas termasuk kebersihan untuk berjaga, sehingga lokasi wisata juga menjadi tempat yang nyaman dan bersih.