200 WNI Hadiri Open House di KBRI Roma

Red: Agung Sasongko

Senin 18 Jun 2018 21:54 WIB

Suasana Open House KBRI Roma. Foto: Dok KBRI ROma Suasana Open House KBRI Roma.

REPUBLIKA.CO.ID,  Oleh: Asrarudin Salam*

Shalat Idul Fitri 1 Syawal 1439 H di KBRI Roma dipadati kurang lebih 150 WNI yang umumnya berdomisili di Roma dan kota sekitarnya. Bertindak sebagai imam dan khatib adalah Ustaz Ikhwani dari Universitas Al Azhar, Cairo.

Dalam khutbahnya, Ustaz Ikhwani mengajak para jamaah untuk tetap berprilaku mulia sebagaimana yang dilakukan selama bulan Ramadan. "Walau Ramadan telah pergi, akhlak yang baik harus terus dipertahankan sebagai bukti bahwa kita telah melalui bulan Ramadan dengan baik ikhlas karena Allah,"Ungkap ustadz Ikhwani.

Selama bulan Ramadan, sebagaimana kebiasaan di KBRI Roma, telah diadakan berbagai kegiatan amaliah Ramadan seperti kultum setiap hari kerja ba'da zhuhur, pengajian anak-anak dan ibu-ibu dhama wanita persatuan dua kali seminggu, buka puasa bersama setiap Jumat dan Ahad, serta itikaf di 10 hari terakhir di Mushalla As-Syufara KBRI Roma.

Ke depan KBRI Roma akan terus mendukung kegiatan amaliah Ramadan dengan menggandeng NUR (Nadwah Ukhuwah Roma) yang merupakan organisasi induk Persatuan Muslim Indonesia di Italia.

Usai pelaksanaan shalat id, dilanjutkan dengan salam-salaman dan open house yang difasilitasi oleh Duta Besar RI Roma, Ibu Esti Andayani. Dalam open house tersebut, masyarakat Indonesia yang hadir dapat melampiaskan kerinduan mereka mencicipi berbagai hidangan lebaran khas nusantara seperti rendang, opor ayam, lontong sayur, keripik udang dan lain-lain.

Open house yang dilaksanakan di Wisma Duta Besar RI Roma ini dihadiri oleh 200 WNI.
Suasana open house cukup meriah, karena tidak hanya dihadiri oleh warga Indonesia tetapi juga oleh tamu-tamu asing yang merupakan sahabat Indonesia di Italia.

Semoga dengan open house ini, diaspora Indonesia di Italia semakin akrab dan dapat mengeratkan persaudaraan sebangsa dan setanah air.

*(Pelaksana Fungsi Protokol dan Konsuler KBRI Roma, Italia)

Terpopuler