Malam Ini Tol Fungsional Arus Mudik Ditutup

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Bayu Hermawan

Ahad 17 Jun 2018 19:23 WIB

Kendaraan pemudik melintas di tol fungsional Pejagan-Pemalang, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, Rabu (13/6). Foto: Antara/Oky Lukmansyah Kendaraan pemudik melintas di tol fungsional Pejagan-Pemalang, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, Rabu (13/6).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memprediksi arus balik lebaran sudah mulai terjadi pada Senin (18/6) besok. Namun, puncak arus mudik diprediksi baru akan terjadi pada 19 Juni hingga 20 Juni, mendatang.

Jelang arus balik lebaran, Kemenhub mengatakan tol fungsional yang dibuka pada musim mudik mulai ditutup malam ini. Rencananya penutupan tol fungsional arus mudik akan dilakukan pada pukul 22.00 WIB. "Besok pagi (tol fungsionalarus mudik) sudah mulai ditutup," kata Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi di PoskoTingkat Nasional Angkutan Lebaran Terpadu 2018, Ahad (17/6).

Budi menjelaskan penutupan tol fungsional arus mudik ditutup untuk dilakukan pemeliharaan menjelang arus balik akan segera dimulai. Dengan begitu, kata Budi, mulai besok (18/6) tol fungsional arus balik dari Semarang ke Jakarta mulai dibuka.

Baca juga: Menhub Prediksi Arus Balik Mulai Terjadi pada 19 Juni

Sementara itu, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi memprediksi arus balik diperkirakan akan dimulai besok. "Jadi mungkin sudah lebih banyak yang balik sehingga besok sudah digunakan jalur tol fungsional sebagai arus balik," ujar Menhub.

Pemerintah pada tahun ini membuka beberapa tol fungsional sebagai akses arus mudik dan balik Lebaran 2018 yang menghubungkan Jakarta hingga Semarang. Semua tol fungsional tersebut yaitu Pemalang-Batang, Batang-Semarang, Semarang-Solo, Solo-Ngawi dan Ngawi-Kertosono.

Menhub menegaskan akan membenahisarana prasarana untuk menghadapi arus balik Lebaran 2018. Menhub jugamengharapkan pemudik tidak hanya melalui jalan tol saja namun juga arteri.

Terpopuler