H+2, Terminal Cicaheum Masih Sepi

Rep: Zuli Istiqamah/ Red: Yudha Manggala P Putra

Ahad 17 Jun 2018 12:57 WIB

Suasana Terminal Cicaheum, Jalan Ahmad Yani, Bandung, Senin (11/6). Foto: Republika/Hartifiany Praisra Suasana Terminal Cicaheum, Jalan Ahmad Yani, Bandung, Senin (11/6).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Dua hari setelah perayaan Hari Raya Idul Fitri (H+2) atau Ahad (17/6) Terminal Cicaheum Kota Bandung terpantau sepi. Baik untuk penumpang yang berangkat mudik dan datang atau arus balik.

"Terminal Cicaheum terpantau masih sepi arus balik," kata Kepala Terminal Cicaheum Roni Hermanto, Ahad (17/6).

Roni menuturkan libur lebaran masih cukup panjang hingga tanggal 20 Juni mendatang. Hal inilah yang dinilainya membuat arus balik relatif masih sepi. Masyarakat masih memanfaatkan hari libur di kampung halaman atau ke tempat-tempat wisata.

Berdasarkan catatan Terminal Cicaheum pada hari pertama lebaran terdata sebanyak 474 penumpang tiba di terminal. Sementara pada hari kedua Lebaran ada 1067 penumpang kedatangan.

"Untuk keberangkatan juga masih ada pada hari pertama lebaran 1.652 dan H2 sebanyak 2.583 penumpang," ujarnya.

Ia memprediksi puncak arus balik di Terminal Cicaheum akan terjadi pada H+5 atau Rabu (20/6) mendatang. Sebab Kamis kebanyakan para pekerja sudah kembali masuk bekerja.

"Tapi memang kalau arus balik di Cicaheum biasa nggak terlalu banyak. Biasanya di Terminal Leuwipanjang yang ramai. Jumlah kedatangan itu juga tidak signifikan di bawah 2000 orang," tuturnya.

Terminal Cicaheum mencatatkan puncak arus mudik pada H-6 dengan kenaikan 87 persen penumpang dibanding tahun lalu yakni sekitar 4684 penumpang. Kenaikan pesat juga terlihat pada H-1 yakni 3357 penumpang atau naik 73 persen dari tahun lalu.