Trump Ikut Ucapkan Selamat Idul Fitri ke Muslim Dunia

Rep: Christiyaningsih/ Red: Teguh Firmansyah

Sabtu 16 Jun 2018 11:42 WIB

Donald Trump Foto: EPA-EFE/JIM LO SCALZO Donald Trump

REPUBLIKA.CO.ID,  WASHINGTON -- Presiden Amerika Serikat Donald Trump bergabung dengan para pemimpin dunia lain yang ikut mengucapkan selamat Idul Fitri. Kendati dikenal sebagai pemimpin yang kerap berpandangan miring terhadap Muslim dan  imigran, orang nomor satu di AS tersebut tak lupa mengucapkan selamat Idul Fitri.

Ucapan Trump tersebut dirilis oleh Gedung Putih pada Jumat (15/6) waktu setempat. Dilansir dari situs www.whitehouse.gov, berikut ucapan selamat Idul Fitri yang diungkapkan oleh Trump:

Melania dan aku berdoa untuk seluruh Muslim di Amerika Serikat dan seluruh dunia di hari Idul Fitri ini. Idul Fitri menandai berakhirnya bulan refleksi dan kembalinya rutinitas sehari-hati dengan kebahagiaan dan cinta yang baru untuk rekan-rekan kita. Inilah waktunya saling memaafkan dan kesempatan untuk memperkuat hubungan di dalam dan di antara komunitas.

Hari ini, saat kita merefleksikan hari raya agama yang penting dalam perjalanan Amerika dan di kehidupan para penganutnya, kami berharap semangat perdamaian dan itikad baik yang digaungkan selama perayaan Idul Fitri berlanjut sepanjang tahun dan di seluru dunia. Kami berharap semoga semua Muslim bahagia di hari raya Idul Fitri.

Bila Trump memilih rilis resmi sebagai caranya mengucapkan selamat, para pemimpin negara banyak yang memberikan ucapan selamat kepada seluruh Muslim lewat media sosial. Salah satunya dilakukan Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo."Mewakili @StateDept, saya mengirimkan doa terbaik kepada rekan-rekan Muslim yang merayakan Idul Fitri. Sembari anda merayakan hari bahagia ini bersama orang-orang tercinta, saya doakan kedamaian dan kesejahteraan menyertai anda di waktu-waktu yang akan datang," demikian kicaunya di Twitter diakhiri tagar #EidMubarak.

Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau termasuk orang yang paling awal mengucapkan selamat Idul Fitri di antara para pemimpin dunia. "Kukirimkan doa terbaikku kepada setiap orang yang merayakan Idul Fitri dan akhir Ramadan. Eid Mubarak!" demikian tulisnya di akun Twitter. Dalam unggahan itu Justin juga menyertakan videonya mengucapkan selamat Idul Fitri yang diawali ucapan Assalamualaikum.

Perdana Menteri Inggris Theresa May tak ketinggalan ikut mengucapkan selamat Idul Fitri via Twitter. "Akhir bulan Ramadhan adalah waktu bagi para Muslim untuk berkumpul kembali dengan keluarga, teman-teman, dan tetangga. Ini adalah kesempatan untuk memperbarui sisi spiritual," tulis Theresa. 

 

Terpopuler