Golf Car di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta Dimaksimalkan

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Muhammad Hafil

Sabtu 16 Jun 2018 10:05 WIB

Presiden Joko Widodo (kanan) mengemudikan golf cart bersama Perdana Menteri Denmark Lars Lokke Rasmussen berkeliling Kebun Raya Bogor usai acara penyambutan di Istana Bogor, Bogor, Jawa Barat, Selasa (28/11). Foto: Antara/Rosa Panggabean Presiden Joko Widodo (kanan) mengemudikan golf cart bersama Perdana Menteri Denmark Lars Lokke Rasmussen berkeliling Kebun Raya Bogor usai acara penyambutan di Istana Bogor, Bogor, Jawa Barat, Selasa (28/11).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Angkasa Pura (AP) II (Persero) memaksimalkan layanan golf car assistance di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta pada musim Lebaran ini. Direktur Utama AP II Muhammad Awaluddin mengatakan hal tersebut untuk mempermudah penumpang menuju gate yang dituju.

Dia menjelaskan, slama momen mudik, fasilitas tersebut semakin dibutuhkan bagi pengguna Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta. "Terminal 3 merupakan terminal yang luas, kami ingin memberikan pelayanan terbaik sehingga penumpang merasa nyaman dan mempermudah mereka hingga gate yang dituju," kata Awaluddin, Sabtu (16/6).

Awaluddin mengungkapkan golf car assistance tersebut memiliki waktu operasional selama 24 jam. Sehingga, kata dia, penumpang tidak perlu khawatir karena akan dilayani setiap waktu.

Saat ini sebanyak 36 unit golf car assistance yang tersebar di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta. Titik-titik lokasi di Terminal 3 yang menggunakan layanan tersebut yaitu area keberangkatan domestik gate 15 dan 13 (prioritas), area kedatangan domestik gate 24, 18, dan 14 (prioritas), area keberangkatan internasional gate sembilan, dan terakhir area kedatangan internasional gate lima.

Awaluddin mengatakan satu unit golf car assistance dapat menampung maksimal 5 pax tiap perjalanan. "Tidak perlu menunggu hingga golf car penuh untuk menunggunakannya pada saat bukan jam sibuk," ujar Awaluddin.

Dia memastikan saat ini AP II sudah melengkapi fasilitas Internet of Things pada layanan golf car assistance di Terminal 3. Dengan fasilitas tersebut para penumpang dapat melihat melalui monitor yang disediakan pada gate 15 untuk mengetahui posisi setiap golf car yang ada di terminal 3 dan kapan estimasi ketersediannya.

Menurut Awaluddin, fasilitas tersebut juga nantinya akan diintergrasikan dengan aplikasi Indonesia Airports. "Kami akan terus mengembangkan fasilitas dan pelayanan di terminal, diharapkan ke depannya fasilitas seperti ini dapat diimplementasikan terminal lainnya di Bandara Soekarno-Hatta," jelas Awaluddin. 

Terpopuler