Cipali Kembali Ramai

Rep: Adinda Pryanka/ Red: Muhammad Hafil

Sabtu 16 Jun 2018 09:20 WIB

Sejumlah kendaraan pemudik melintas di pintu masuk tol Cipali, Palimanan, Cirebon, Jawa Barat, Rabu (13/6). Foto: Republika/Mahmud Muhyidin Sejumlah kendaraan pemudik melintas di pintu masuk tol Cipali, Palimanan, Cirebon, Jawa Barat, Rabu (13/6).

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON -- Arus lalu lintas di ruas tol Cikopo-Palimanan mengarah ke Cirebon kembali padat, Sabtu (16/6) pagi. Keramaian sudah terjadi sejak sebelum rest area Km 86. Kendaraan harus melaju dengan kecepatan rendah, antara 20 hingga 40 kilometer per jam.

Salah seorang pemudik asal Jakarta, Zacky (28 tahun), menuturkan sudah terjebak kepadatan sejak di Gerbang Tol (GT) Cikarang Utama (Cikarut). "Dari situ sudah padat merayap, begitu masuk tol Cipali sudah mendingan tapi masih padat," tuturnya kepada Republika.co.id, Sabtu (16/6).

Zacky sudah tiba di GT Cikarut pada pukul 02.00 WIB. Ia sempat beristirahat selama dua jam di rest area Km 102 setelah menempuh kepadatan kendaraan dari Jakarta. Saat ini, pukul 08.30 WIB, Zacky yang membawa rombongan empat mobil ini masih berada di Km 166.

Kondisi padat ini jauh dari prediksi Zacky. Berdasarkan pantauan lalu lintas pada Jumat (15/6) pagi sampai siang, ruas tol Cipali sudah lancar. "Prediksi awal, jam segini udah di Palimanan, bahkan bablas sampai Cirebon. Nyatanya belum," ucap karyawan swasta di bilangan Jakarta Selatan itu.

Menurut akun twitter PT Lintas Marga Sedaya (LMS), @LintasMarga, peningkatan kepadatan memang sempat terjadi pada malam hari. Tercatat, kendaraan yang melintas di tol Cipali di GT Palimanan pada pukul 21.00 WIB sebanyak 28.261 unit. Jumlah itu meningkat 61,71 persen dibanding Kamis yang hanya 17.476 kendaraan.

Pengelola juga menyarankan agar pemudik tidak menggunakan rest area Km 130 karena lalu lintas di dalamnya yang ramai. Pemudik dianjurkan merapat ke rest area Km 166 atau keluar tol terlebih dahulu untuk mencari tempat beristirahat.



Terpopuler